PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ulwiyyah Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon)

MAEMUNAH, (2013) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ulwiyyah Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MAEMUNAH _ 59471310_OK-min.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

MAEMUNAH : Dalam proses belajar mengajar, kreativitas guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses pembelajaran. Seorang siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan adanya dorongan tertentu agar kegiatan belajarnya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sedangkan motivasi belajar siswa dalam belajar matematika di MI Al-Ulwiyyah Panguragan sangatlah kurang. Kurangnya motivasi belajar siswa tersebut disebabkan rendahnya semangat belajar siswa, hal ini bisa terjadi karena dua alasan. Alasan yang pertama disebabkan dari diri siswa sendiri, sebagai contoh seorang siswa memiliki masalah pribadi dirumahnya atau kurangnya pemahaman siswa terhadap materi karena materi ajar dianggap terlalu tinggi sehingga membuat siswa kurang termotivasi untuk menguasai materi. Alasan yang kedua bisa disebabkan dari luar diri siswa yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif dan guru kurang kreatif dalam pembelajaran matematika di kelas. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kreativitas guru pada mata pelajaran matematika kelas V MI Al-Ulwiyyah Panguragan, untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Al-Ulwiyyah Panguragan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Al-Ulwiyyah Panguragan. Pengertian guru kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang ia miliki dalam rangka membina dan mendidik anak didik dengan baik. Seorang guru yang kreatif akan memiliki sikap kepekaan, inisiatif, cara baru dalam mengajar, kepemimpinan serta tanggung jawab yang tinggi dalam pekerjaan dan tugasnya sebagai seorang pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, penyebaran angket, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kemudian setelah itu data diolah secara statistik dengan menggunakan aplikasi software SPSS. Dari hasil penelitian pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Al-Ulwiyyah Panguragan termasuk dalam kategori cukup baik dengan rhitung sebesar 0,545. Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Ini dibuktikan dengan df sebesar 18 dan tingkat kepercayaan 95% maka diperoleh rtabel sebesar 0,444. Karena harga rhitung lebih besar dari rtabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan menghasilkan pengaruh positif, artinya semakin tinggi kreativitas guru maka semakin meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Al-Ulwiyyah Panguragan Kecamatan Panguragan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:39
Last Modified: 07 Apr 2017 04:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item