Yoyoh Rokayah, (2013) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMA NEGERI I DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
YOYOH ROKAYAH_14106110068-ok-min.pdf Download (535kB) | Preview |
Abstract
Yoyoh Rokayah : Masalah pendidikan merupakan kegiatan yang kompleks. Pemberian otonomi yang luas kepada sekolah dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran beserta sitem evaluasinya merupakan kepedulian pemerintah terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu menjadi semakin penting bagi institusi yang digunakan untuk memperoleh kontrol yang lebih baik melalui usahanya sendiri. Keberhasilan institusi pendidikan dalam menjalankan program yang telah direncanakan perlu didukung dengan sebuah kepemimpinan kepala sekolah, mengingat kepemimpinan merupakan motor penggerak bagi sumber daya yang dimiliki lembaga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimanakah model kepemimpinan kepala sekolah ? b. Bagaimanakah standar sekolah yang bermutu, dan c. Apa model kepemimpinan dan pelaksanaan kepemimpinan yang cocok dilaksanakan di sekolah SMA Negeri I Dukupuntang dalam peningkatan mutu sekolah ?. Tujuan penelitian meliputi: a. Menjelaskan model kepemimpinan kepala sekolah, b. Menjelaskan standar sekolah yang bermutu, c. Menjelaskan model dan pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah yang cocok dilaksanakan di SMA Negeri I Dukupuntang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah observasi, pengamatan, studi dokumen, dan informan. Kesimpulan: a. Model kepemimpinan kepala sekolah adalah berkisar kepada model dan model kepemimpinan yang mana yang paling efektif dan efisien dalam mencapai tujuan lembaga. Dalam implementasinya, kepala sekolah sebagai leader dapat dianalisis dari model kepemimpinan, yaitu; Model kepemimpinan pada umumnya adalah model kepemimpinan pribadi, Model kepemimpinan non pribadi, model kepemimpinan otoriter, model kepemimpinan demokratis, model kepemimpinan paternalistis, model kepemimpinan menurut bakat. Di samping model-model kepemimpinan tersebut, ada pendapat yang mengemukakan menjadi tiga model antara lain : Otokratis, Demokratis, dan Laisezfaire. b. Mutu Sekolah berkenaan dengan penilaian bagaimana suatu produk memenuhi kriteria standar atau rujukan tertentu. Rumusan mutu pendidikan bersifat dinamis dan dapat ditelaah dari berbagai sudut pandang. Standar sekolah yang bermutu adalah meliputi; 1) standar isi, 2) standar proses, 3) standar kompetensi lulusan, 4) standar kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan dan, 8) standar penilaian pendidikan. c. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah yang cocok dilaksanakan oleh kepala sekolah Di SMA Negeri I Dukuputang Kabupaten Cirebon dalam Peningkatan Mutu Sekolah adalah model Kepemimpinan demokratis dan transformasional.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 06:39 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 03:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1821 |
Actions (login required)
View Item |