PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI AJAR PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Banjar 2)

Rohayati, (2013) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI AJAR PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Banjar 2). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ROHAYATI_OK.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Rohayati : Semua aktivitas dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasil belajar. Dengan belajar manusia melakukan perubahan kualitatif individu, sehingga tingkah lakunya berkembang. Dalam proses pembelajaran di MI Banjar 2 Kota Banjar khususnya kelas IV yang berjumlah 20 siswa mengalami masalah rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penyusunan skripsi ini penyebab rendahnya prestasi belajar siswa, hanya dibatasi oleh salah satu faktor eksternal, yaitu mengenai cara memberikan pelajaran yang dilakukan oleh guru, dalam hal ini ditekankan kepada model pembelajaran. Sehingga solusi yang peneliti cobakan untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti model pembelajaran yang digunakan, dengan mencobakan Model Pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw. Teknik Jigsaw adalah salah satu teknik yang dilahirkan dari strategi pembelajaran cooperative learning. Dalam pembelajaran cooperative learning, setiap siswa dituntut untuk bekerja dalam kelompok melalui rancangan-rancangan tertentu yang sudah dipersiapkan oleh guru sehingga seluruh siswa harus bekerja aktif. Pembelajaran dengan teknik Jigsaw dirancang untuk memberi kesempatan yang lebih banyak kepada siswa untuk bekerja sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) Teknik Jigsaw dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu di kelas IV MI Banjar 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan meningkatnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 75%, 85%, dan 95%. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berperan penting terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Peneliti ingin memberikan rekomendasi bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guru Bahasa Indonesia dapat mencobakan Model Pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw dalam proses pembelajaran di kelas, supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw, dan Prestasi Belajar Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:40
Last Modified: 10 Apr 2017 03:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item