KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGUASAI METODE ROLE PLAYING PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (KASUS DI KELAS V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON)

SOLIKHIN, (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGUASAI METODE ROLE PLAYING PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (KASUS DI KELAS V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SHOLIKIN_OK-min.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

SOLIKHIN : Melaksanakan kompetensi pedagogik guru dituntut harus memiliki kemampuan secara metodologis dalam hal perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. Termasuk di dalamnya penguasaan dalam penggunaan media pembelajaran, penggunaan media atau alat bantu disadari oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran baik di dalam maupun diluar kelas, terutama membantu peningkatan prestasi belajar siswa. Namun dalam implementasinya tidak banyak guru yang memanfaatkannya secara maksimal, bahkan penggunaan metode ceramah masih cukup monoton dan populer dikalangan guru dalam proses pembelajarannya.Matematika adalah ilmu yang mempunyai objek berupa fakta, konsep dan operasi serta prinsip. Kesemua objek tersebut harus dipahami secara benar oleh siswa, karena materi tertentu dalam matematika bisa merupakan prasarat untuk menguasai materi matematika yang lain, bahkan untuk pelajaran yang lain seperti fisika, keuangan dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru mengenai metode pembelajaran matematika di MI Salafiyah Kota Cirebon, mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi metode pembelajaran role playing di MI Salafiyah Kota Cirebon dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengusai metode pembelajaran matematika di MI Salafiyah Kota Cirebon. Masalah ini adalah Bagaimana pemahaman guru mengenai metode pembelajaran matematika di MI Salafiyah Kota Cirebon? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi metode pembelajaran role playing di MI Salafiyah Kota Cirebon?Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengusai metode pembelajaran matematika di MI Salafiyah Kota Cirebon? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah berupa kajian lapangan (library research). Kajian ini berusaha mengungkapkanKompetensi Pedagogik Guru dalam Menguasai MetodeRole PlayingPembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan (Kasus di Kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon) melalui sumber data yang relevan dengan kebutuhan, baik buku-buku teks, jurnal, atau majalah-majalah ilmiah dan hasil-hasil penelitian. Bahwa metode bermain peran sosiodrama(Role Playing) adalah suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisasikan bentuk tingkahlaku dalam hubungan sosial.Titik tekanannya terletak pada keterlibatan emosional dan pengamatan indera kedalam suatu situasi masalah yang secara nyata dihadapi oleh peserta didik. Metode pembelajaran Sosiodrama/ Bermainperan (Role Playing), guru hendaknya menyusun skenario sesuai kebutuhan. Mengacu pada Rencana Proses Pembelajaran dan Silabus yang telah disusun. Hal ini perlu agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan menarik, mencapai sasaran dan tidak melebihi alokasi waktu yang ditentukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:48
Last Modified: 10 Apr 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item