PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SEGERAN KABUPATEN INDRAMAYU

SUKRON, (2013) PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SEGERAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUKRON_OK-min.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

SUKRON : Permasalahan yang terjadi di MI Muhammadiyah Segeran. Berdasarkan observasi awal peneliti di MI Muhammadiyah Segeran bahwa, guru dalam menyampaikan materi pembelajaran 72,33% masih mengunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Metode pembelajaran yang diterapkan di MI Muhammadiyah Segeran khususnya mata pelajaran IPS berdampak pada hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada Ulangan Tengah Semester Ganjil tahun pelajaran 2012/2013 baru mencapai 6,08 dengan KKM yang ditetapkan sekolah adalah 6,50. Siswa yang dinyatakan tuntas baru mencapai 28,57% atau hanya 8 siswa yang tuntas dari 28 siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah. Untuk mengetahui Penerapan Metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran IPS di MI Muhammadiyah Segeran. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Segeran dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Muhibbin Syah (2000), mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama (socialized recitation ). Metode diskusi memiliki kelebihan antara lain : Merangsang kreativitas siswa dalam bentuk ide, gagasan, prakarsa, dan terobosan baru dalam pemecahan suatu masalah. Membiasakan siswa untuk bertukar pikiran dengan teman atau pihak lain dalam mengatasi suatu masalah yang sangat diperlukan bagi siswa setelah kembali kedalam masyarakat (keluarga). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa meningkat. Dengan jumlah sampel 28 siswa. Instrumen penelitian berbentuk lembar observasi dan tes dan dianalisa dengan uji t. Penerapan pembelajaran menggunakan metode diskusi dikelas IV MI Muhammadiyah Segeran berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari rata-rata keseluruhan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran 3,17 adalah baik dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi diatas angka 60,57 adalah cukup baik. hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi mengalami peningkatan 10 poin, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes siswa pada akhir siklus satu adalah 67,14 dan rata-rata hasil tes siklus kedua 77,14. Selain itu berdasarkan analisa inferensial dengan menggunakan uji t diketahui thitung = 3,3978300, dan Harga kritisnya pada tingkat kepercayaan 5% adalah 2,079614. Ini berarti bahwa hasilnya signifikan untuk menerima Ho, yaitu ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan metode diskusi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:12
Last Modified: 10 Apr 2017 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item