SUMIYATI, (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH SEGERAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SUMIYATI_OK-min.pdf Download (727kB) | Preview |
Abstract
SUMIYATI : Peningkatan mutu pendidikan sangat ditentukan oleh guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Dengan kata lain guru menempati titik sentral pendidikan. Agar guru mampu menunaikan tugasnya dengan baik, maka terlebih dahulu harus memahami hal-hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar seperti halnya proses pendidikan pada umumnya. Dengan demikian peranan guru yang sangat penting adalah mengaktifkan dan mengefisienkan proses belajar di sekolah termasuk didalamnya penggunaan metode mengajar yang sesuai. Penggunaan metode mengajar yang tepat, merupakan suatu alternatif mengatasi masalah rendahnya daya serap siswa terhadap pelajaran IPA. tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Segeran dan Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi. Metode resitasi merupakan salah satu pilihan metode mengajar seorang guru, dimana guru memberikan sejumlah item tes kepada siswanya untuk dikerjakan di luar jam pelajaran. Pemberian item tes ini biasanya dilakukan pada setiap kegiatan belajar mengajar di kelas. Rostiyah menyatakan bahwa untuk mengatasi keadaan seperti di atas, guru perlu memberikan tugas-tugas di luar jam pelajaran. (Rostiyah, N.K. 1989:32) Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa meningkat Dengan jumlah populasi 23 orang adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tiap siklus yang kemudian dianalisa dengan menggunakan uji t-test. Penerapan pembelajaran menggunakan metode resitasi dikelas III MI Muhammadiyah Segeran berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari rata-rata keseluruhan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi diatas angka 3,00. Prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes siswa pada akhir tiap siklus yang selalu mengalami peningkatan 5,65. Selain itu berdasarkan analisa inferensial dengan menggunakan uji t diketahui thitung = 5,62408, dan Harga kritisnya pada tingkat kepercayaan 5% adalah 2,079614. Ini berarti bahwa hasilnya signifikan untuk menerima Ho, yaitu ada peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan metode resitasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:14 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1881 |
Actions (login required)
View Item |