PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGHITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 4 KLANGENAN KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

SUSIANI DEWI, (2013) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGHITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 4 KLANGENAN KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUSIANI DEWI_58471332_ok-min.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

SUSIANI DEWI : Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai objek yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan siswa Sekolah Dasar menganggap bahwa matematika adalah ilmu yang sulit dan tidak menarik. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika dikarenakan guru dalam mengajar hanya menggunakan metode yang monoton seperti ceramah sehingga tidak menggunakan metode yang bervariasi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pembelajaran difokuskan pada materi penjumlahan pecahan dengan penyebut sama dan penyebut tidak sama. Agar proses pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi kertas lipat. Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukan secara langsung objek atau cara 4 melakukan sesuatu sehingga dapat mempelajarinya secara proses. Dengan menggunakan metode demonstrasi kertas lipat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi kertas lipat yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Klangenan dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa kelas IV(Empat). Penelitian ini berjumlah tiga siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan sejumlah 65. Aktivitas belajar siswa dari tiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I aktivitas belajar siswa 68%, siklus II aktivitas belajar siswa 83% dan pada siklus III aktifitas belajar siswa meningkat menjasi 87%. Penguasaan hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata post tes siswa sebesar 60,21 (belum memenuhi nilai KKM),siklus II pun belum mencapai KKM hanya 66,09 dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata post tes siswa meningkat yaitu sebesar 77,40 (memenuhi nilai KKM). Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi kertas lipat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung penjumlahan pecahan pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 4 Klangenan Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon dikatakan berhasil.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:17
Last Modified: 10 Apr 2017 04:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item