Umi Lailatussyarifah, (2013) KESULITAN BELAJAR SISWA MEMAHAMI MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
UMI LAILATUSSYARIFAH_OK-min.pdf Download (667kB) | Preview |
Abstract
Umi Lailatussyarifah : Matematika adalah ilmu terapan yang dalam jenjang pendidikan dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi mempelajarinya. Dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat 5 siswa dari 71 siswa kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon yang mencapai nilai KKM. Dengan kejadian seperti ini maka tentu siswa mengalami kesulitan dalam belajar Matematika khususnya pada Materi bilangan bulat ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa dalam memahami pelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala belajar siswa dalam memahami pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan bilangan bulat, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara guru, siswa, dan lingkungan belajar dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertolak menelusuri kesulitan belajar siswa dalam memahami matematika pokok bahasan bilangan bulat, bahwasannya kesulitan belajar yang dialami siswa untuk bisa memahami pelajaran khususnya matematika pada pokok bahasan bilangan bulat terjadi karena berbagai faktor yang mempengaruhinya di antaranya faktor dari luar (eksternal) dan dari dalam siswa itu sendiri (intern). Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif jenis kasus dengan populasi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kota Cirebon, dengan mengambil sampel sebanyak 30 siswa yang terdiri dari lali-laki 15 siswa dan perempuan 15 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi lapangan, wawancara, dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara editing data dan klasifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian faktor intern kesulitan belajar siswa diantaranya adalah minat belajar siswa, motivasi belajar siswa, dan kebiasaan belajar siswa. Faktor ekstern yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah lingkungan belajar madrasah, kedisiplinan siswa dalam belajar, lingkungan keluarga, materi ajar, lingkungan masyarakat, tenaga pengajar atau guru. Peran sera siswa, guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar dengan siswa selalu belajar, guru memberikan bimbingan dan fasilitator dalam ilmu pengetahuan, orang tua memberikan dukungan dan bimbingan juga motivasi kepada anaknya dalam belajar, lingkungan berperan memberikan tempat yang untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1887 |
Actions (login required)
View Item |