PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AHLAK PADA SISWA KELAS III DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN TALUN KABUBATEN CIREBON

ZAHROTUL JANNAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AHLAK PADA SISWA KELAS III DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN TALUN KABUBATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ZAHROTUL JANNAH_59471330_OK-min.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

ZAHROTUL JANNAH : Berdasarkan wawancara awal bahwa proses pembelajaran Aqidah Ahlak sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan pendidikan tapi pada kenyataanya prestasi belajarnya masih rendah, terlebih lagi dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari masih jauh dari harapan, yang dimana sebagai seorang pendidik berharap siswa mampu memahami teori aqidah ahlak dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar aqidah ahlak adalah dengan menerapkan model pembelajaran CTL. Tujuan Penelitian ini adalah memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran CTL dalam proses pembelajran aqidah ahlak, untuk mengetahui prestasi belajar aqidah ahlak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajran CTL terhadap prestasi belajar aqidah ahlak. Proses pembelajaran aqidah ahlak bukan hanya sekedar memahami teori tetapi juga pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan model pembelajaran CTL siswa akan lebih aktif dikarenakan model pembelajaran CTL adalah model pembelajaran yang didalam prosesnya seorang guru menghubungkan materi ajar dengan kehidupan siswa secara nyata yang terdiri dari tujuh tahapan yakni kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Pengumpulan data yang dilakukanolehpenulismenggunakanteknikangket, tes, observasi, studi dokumentasi,wawancara dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Hidayatus Shibyan yang berjumlah 47 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Research. Berdasarkan hasil data yang ditemukan penulis dari perhitungan angket dapat disimpulkan dari 15 pertanyaan mengenai penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran aqidah ahlak diketahui 19% responden menjawab “selalu”, 61% responden menjawab “sering”, 17% responden menjawab “kadangkadang”, dan 3% responden menjawab “pernah”, dengan demikian berarti bahwa siswa merespon baik tehadap model pembelajaran CTL yang diterapkan guru dalam mata pelajaran aqidah ahlak, kemudian dari pengujian hasil statistik diperoleh nilai t = 4,41 dengan derajat kebebasan 47-2 = 45, α = 0,05 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara prestasi belajar aqidah ahlak kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari N-gain kelas eksperimen 0,52 lebih besar dariN-gain kelas kontrolsebesar 0,29, dan pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar aqidah ahlak 67% dipengaruhi oleh penerapan model CTL dan 33% dipengaruhi oleh variabel lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:46
Last Modified: 10 Apr 2017 04:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item