HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON

INDRI DWI SETYAWATI, (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
INDRI DWI SETYAWATI (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDRI DWI SETYAWATI : Dalam dunia pendidikan seorang guru mempunyai peranan penting, salah satunya bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik. Sehingga keterampilan guru dalam proses pembelajaran sangat perlu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tugas seorang guru adalah mengajar. Guru harus mampu mengunakan metode, media, mengelola kelas dan sebagainya dalam proses belajar mengajar di dalam Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memperoleh data keterampilan guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1Sumber Kebupaten Cirebon. 2) Memperoleh data motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1Sumber Kebupaten Cirebon. 3) Memperoleh data keterampilan guru dalam proses pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi SMA Negeri 1Sumber Kebupaten Cirebon. Sebagai kerangka pemikiran, Guru akan mempunyai pengaruh terhadap siswa yang terjadi melalui pendidikan dan pengajaran yang dilakukan dengan sengaja dan adapula yang terjadi dengan tidak sengaja, bahkan tidak disadari oleh guru, yaitu melalui sikap, gaya, dan keterampilan atau kemampuan mengajar guru itu sendiri. keterampilan mengajar guru merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dikuasai guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai metode empirik. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 43 siswa yang berasal dari 170 siswadi SMA Negeri 1 Sumber Kebupaten Cirebon. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi untuk mendukung penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi, uji koefisien determinan dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) keterampilan guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sumber Kebupaten Cirebon memperoleh nilai rata-rata 47,90 %, artinya dalam kategori cukup baik. 2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1Sumber Kebupaten Cirebon memperoleh nilai rata - rata 42,08 artinya dalam kategori cukup baik. 3) berdasarkan hasil perhitungan korelasi anatara variabel X dengan variabel Y diperoleh angka sebesar 0,555, artinya koefisien korelasinya tergolong sedang. Jika melihat dari uji t, diperoleh nilai thitung ≥ ttabel atau 4,275 ≥ 1,68. Dengan demikian terdapat hubungan antara keterampilan guru dalam proses pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Ho ditolak dan ha diterima. Kata kunci: Keterampilan guru , Motivasi belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:01
Last Modified: 13 Apr 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item