KHAERUL MI’ROJ, (2015) UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA (SISWA) MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PGRI CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
KHAERUL MI'ROJ IPS 2015 (wm blm).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
KHAERUL MI’ROJ : Pendidikan merupakan satu-satunya tempat yang sangat potensial menyiapkan manusia agar memiliki tingkat SDM yang handal. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan peran guru yang bertugas menyampaikan ilmu kepada peserta didiknya, namun karena siswa merasa mereka bukan lagi anak-anak, baik bentuk jasmani, sikap, cara berfikir dan bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang. Maka terkadang sering terjadi kenakalan remaja. Persoalan remaja selalu menarik untuk dibicarakan, karena remaja adalah masa peralihan, dari masa kanak-kanak yang penuh dengan ketergantungan, menuju usia dewasa yang mulai menunjukkan jati dirinya, usia remaja adalah usia persiapan untuk menjadi dewasa yang matang dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja (siswa), tentang faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja (siswa), dan mengetahui upaya yang dilakukan guru mata pelajaran IPS dalam menanggulangi kenakalan remaja (siswa) melalui pendidikan karakter. Remaja sebagai generasi penerus cita-cita bangsa perlu ditingkatkan pembinaan dan pengembangannya Tidak semua remaja dapat melalui proses perkembangannya dan berhasil dengan baik, tidak sedikit remaja yang mengalami kegagalan dalam mencapai tugas perkembangannya, salah satunya yaitu terjerumus kedalam perilaku kenakalan remaja. Oleh karena itu, upaya guru sangat dibutuhkan dalam menanggulangi kenakalan remaja melalu pendidikan karakter agar siswa mempunyai akhlak dan berbudi pekerti luhur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan fokus penelitian Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Melalui Pendidikan Karakter. Metode pengumpulan data menggunakkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk kenakalan yang sering dilakukan oleh siswa SMP PGRI Ciwaringin tergolong kenakalan ringan seperti: sering lompat/keluar kelas lewat jendela, membolos, ngobrol/ramai pada jam pelajaran berlangsung, corat-coret dinding sekolah dan lari dari sekolah pada jam pelajaran berlangsung, cara berpakaian/seragam tidak sesuai dengan yang di tentukan, merokok, tidak mengerjakan PR sekolah, tidak memakai ikat pinggang dan kaos kaki, sering terlambat datang ke sekolah, ikut pelajaran di kelas lain, dan menyontek. Faktor penyebab kenakalan siswa di pengaruhi oleh faktor keluarga, sekolah dan lingkungan. Upaya yang dilakukan oleh guru IPS dalam menanggulangi kenakalan remaja (siswa) melalui pendidikan adalah dengan jalan: upaya prefentif (mencegah), represif (pencegahan), dan kuratif (penyembuhan) atau rehabilitasi (perbaikan). Kata Kunci : Guru IPS, Kenakalan Remaja (Siswa), Pendidikan Karakter.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:18 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 03:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |