PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN METODE ELABORASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON

RETNO TRI WAHYUNI, (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN METODE ELABORASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RETNO TRI WAHYUNI (WN BLM).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

RETNO TRI WAHYUNI: Proses pembelajaran yang menyenangkan merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan suatu pembelajaran karena ketika pembelajaran itu dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Pemanfaatan visual dalam pembelajaran IPS memegang peranan penting karena membantu peserta didik untuk menumbuhkan minat dalam belajar serta lebih memahami dan mengingat informasi atau pesan yang disampaikan begitu pula dengan menyusun isi pembelajaran IPS secara sistematis dari yang mudah sampai sulit. Berdasarkan hal tersebut pengunaan visual dan menyusun isi pembelajaran secara sistematis untuk menghindari dan mengantisipasi kejenuhan, terkandung dalam metode Mind Mapping dan metode Elaborasi. Untuk itu, penulis tertarik untuk membandingkan hasil belajar antara yang menggunakan metode Mind Mapping dan metode Elaborasi pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode Mind Mapping, hasil belajar siswa yang menggunakan metode Elaborasi dan seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Mind Mapping dan yang menggunakan metode Elaborasi. Pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping menggunakan kemampuan otak akan pengenalan visual untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya. Dengan kombinasi warna, gambar dan cabang-cabang melengkung. Pembelajaran dengan metode Elaborasi adalah mendeskripsikan cara-cara pengorganisasian isi pembelajaran dengan mengikuti urutan umum ke rinci. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif komparatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, penulis mencari perbedaan hasil belajar IPS antara siswa kelas VII A yang menggunakan Metode Mind Mapping dan kelas VII B yang menggunakan Metode Elaborasi, sedangkan teknik pengumpulan data dengan, observasi, wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian berjumlah 184 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu melakukan pemilihan sampel atas dasar pertimbangan peneliti. Pada akhirnya peneliti memilih kelas VII A dan VII B dengan total siswa 51 orang. Adapun analisis data tersebut penulis menggunakan rumus uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan metode Mind Mapping yang dilihat dari rata-rata hasilnya adalah 83,8 dengan kategori baik sekali, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Elaborasi yang dilihat dari rata-rata hasilnya adalah 77,2 dengan kategori baik. Hasil uji t menghasilkan, thitung = 2,034 sedangkan ttabel = 2,009 dengan nilai sig(2-tailed) 0,047 < 0.05. Dengan nilai sig(2-tailed) adalah 0,047 artinya lebih kecil dari 0,05 (0,047 < 0,05). Maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan positif dan signifikan hasil belajar IPS pada siswa antara yang menggunakan metode Mind Mapping dengan yang menggunakan metode Elaborasi. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Metode Elaborasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:01
Last Modified: 25 Apr 2017 07:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item