PENERAPAN ASSESMENT PERFORMANCE UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PEMBUATAN KERAJINAN LIMBAH PLASTIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIC CENTRE KABUPATEN CIREBON

RIRI TRIWAHYU NINGSIH, (2015) PENERAPAN ASSESMENT PERFORMANCE UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PEMBUATAN KERAJINAN LIMBAH PLASTIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIC CENTRE KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIRI TRI W IPS 2015(WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

RIRI TRIWAHYU NINGSIH : Penelitian ini di latar belakangi oleh Proses pembelajaran masih cenderung minim di MTs Islamic Centre Cirebon yang menggunakan metode ceramah dan evaluasi yang dilakukan masih menggunakan evaluasi tradisional yaitu tes lisan dan tertulis. sehingga siswa cenderung bosan terhadap mata pelajaran IPS yang monoton dan masih minim untuk sebuah pembelajaran praktek sehingga hasil belajar siswa masih banyak di bawah KKM yaitu di bawah 72. Maka penulis terdorong untuk melakukan pnenelitian sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan assesmen performance untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa dengan pokok bahasan praktek pembuatan kerajinan limbah plastik. Tujuan Penelitian ini siswa dapat menerima pelajaran dengan aktif berpikir tidak pasif, pembelajaran lebih menarik, pembelajaran menyenangkan, menguji kreatifitas yang dimiliki siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui asesmen performance pada mata pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Islamic centre. Assessment performance di artikan sebagai Penilaian unjuk kerja. Assessment performance digunakan untuk menilai kemampuan siswa melalui penugasan yang di rancang khusus untuk menghasilkan karya/produk seperti pembelajaran praktek pembuatan kerajinan Limbah plastik dimana siswa di tuntut harus memiliki kreatifitas dalam praktek pembuatan kerajinan. dan assesmen performance cocok dalam meningkatkan kreatifitas belajar siswa karena penilaian kinerja sengaja di rancang untuk menjamin keaslian dan kejujuran serta hasilnya terpercaya. keterampilan ini di perlukan untuk menghasilkan ide-ide baru yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah ketika melakukan praktek pembuatan kerajinan, sehingga kreatifitas sangat di perlukan pada zaman yang berkembang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Refleksi. Teknik pengumpulan data mennggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Islamic Centre Cirebon dengan jumlah 24 siswa. Penerapan asesmen performance untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat hasil praktek pembuatan kerajinan dan hasil tes yang dilaksanakan dua siklus, dimana pra tindakan hasil belajar siswa dengan rata – rata 67 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 29%. Pada siklus I memperoleh nilai dengan rata – rata 58 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 41,6%. Pada siklus ke II memperoleh nilai dengan rata – rata 94 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan penerapan asesmen performance dengan praktek pembuatan kerajinan limbah plastik pada mata pelajaran IPS merupakan salah satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:12
Last Modified: 25 Apr 2017 07:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item