PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG) PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PETA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR

YOHAN ARDIANSYAH, (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG) PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PETA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

YOHAN ARDIANSYAH: Permasalahan utama dalam pendidikan adalah masih rendahnya mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari merubah strategi pembelajaran salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan terkesan monoton dalam pembelajarannya terutama pada pelajaran IPS yang pada umumnya banyak di sepelekan yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pemebelajaran IPS pokok bahasan peta diperlukan media pembelajaran yang lebih menarik yaitu dengan menggunakan media sistem informasi geografi (SIG). Rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini adalah bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media sistem informasi geografi pada pembelajaran IPS pokok bahasan peta, bagaimana peningkatan hasil belajar siswa seteh pembelajarannya menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG) dan apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG) dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs An-nur kota Cirebon, pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel purposif yaitu kelas VII-a dan VII-b karena kedua kelas ini memiliki rata-rata nilai yang relatif sama, hal ini dilihat dari hasil tes ulangan harian. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan angket. Hasil angket respon siswa pembelajaran yang menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG) menunjukkan sebagian besar siswa merespon positif. Peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat dilihat dari hasil uji gain dan d uji signifikan serta perbedaan peningkatan dilihat dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7.079 > 2.024, sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) dengan yang tidak menggunakan media Sistem Informasi Geografi (SIG). Hasil data diperkuat dari nilai rata-ra postes kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 74.07 > 59.44. Berdasar kan uji gain terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui media Sistem Informasi Geografi (SIG) Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peta. Kata kunci: media pembelajaran, media sistem informasi geografi (SIG), hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:46
Last Modified: 25 Apr 2017 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item