TRI SUTRISNO, (2015) PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS KARAKTER DAN IPMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU SISWA (DI SMA TAMAN MADYA KOTA CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Other
TRI SUTRISNO - 1410140116(WM BLM).PDF Download (2MB) | Preview |
Abstract
TRI SUTRISNO : Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMA Taman Madya Kota Cirebon ditemukan bahwa pembelajaran sosiologi berbasis karakter memiliki peranan yang penting untuk membentuk karakter siswa agar menjadi lebih baik. Dalam pembelajaran sosiologi berbasis karakter tersebut sebagai tenaga pengajar guru mata pelajaran sosiologi senantiasa memberikan yang terbaik, bahkan guru harus memperlakukan siswa secara baik dan demokratis. Realita yang terjadi di lapangan membuat penulis terdorong untuk meneliti tentang pembelajaran sosiologi berbasis karakter dan implikasinya terhadap perilaku siswa. Karena pembentukan karakter siswa agar menjadi baik sangatlah perlu dalam kehidupan sehari-hari, baik disekolah ataupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data mengenai perilaku dan langkahlangkah guru mata pelajaran sosiologi dalam membentuk karakter terhadap siswa kemudian mendeskripsikanya, serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implikasi mata pelajaran sosiologi terhadap kebutuhan dan minat siswa. Pembelajaran sosiologi berbasis karakter merupakan proses pengembangan dan pembentukan kecakapan mendasar yang tidak hanya menekankan pada ranah intelektual, melainkan pula pada ranah emosional maupun spiritual yang berpengaruh terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research (penelitian/studi pustaka) dan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan teknis analisis isi (content analisys) berupa empat langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data teoritik dan data empirik. Sumber data teoritik diambil dari referensi buku-buku dan referensi lainya yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan beberapa responden. Objek penelitian ini adalah siswa dan guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran sosiologi berbasis karakter dilakukan dengan berbagai strategi, metode, model dan pendekatan yang dilakukan secara terpadu, penanaman karakter juga dilakukan secara intensif baik dalam KBM. 2) pembelajaran sosiologi berbasis karakter, siswa tidak hanya diberi pemahaman teoritis saja, namun lebih jauh dan yang lebih utama adalah dapat mengubah dan membentuk karakter perilaku siswa agar menjadi lebih baik dalam lingkungan sekolah ataupun masyaraka. Dalam mata pelajaran sosiologi berbasis karakter ada beberapa faktor pendukung seperti keteladanan guru dan kesadaran diri, namun disisi lain ada faktor penghambat seperti lingkungan dan sarana prasarana yang tidak menunjang serta kurangnya kesadararan. 3) pembelajaran sosiologi berbasis karakter lebih menekankan kepada perilaku-perilaku aktual tentang bagaimana siswa dapat disebut berkepribadian baik atau tidak baik berdasarkan peraturan sekolah dan masyarakat. Kata kunci: Pembelajaran, Sosiologi dan Karakter.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:08 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |