YANI RIDYANI, (2015) PENGARUH KARAKTER SISWA TERHADAP MOTIVASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI MTS NEGERI BANTARWARU KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
YANI RIDYANI 2015(WM BLM).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
YANI RIDYANI : Pendidikan dianggap sebagai alternatif yang bersifat preventif karena pendidikan diharapkan dapat mengembangkan kualitas generasi muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. Memang diakui bahwa hasil dari pendidikan akan terlihat dampaknya dalam waktu yang tidak segera, tetapi memiliki daya tahan dan dampak yang kuat di masyarakat. Untuk itu perlu adanya pendidikan berbasis karakter untuk menumbuhkan generasi yang hebat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran IPS terpadu di MTs Negeri Bantarwaru Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. 2. Motivasi belajar IPS Terpadu di MTs Negeri Bantarwaru Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. 3. Pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi siswa dalam proses pembelajaran IPS terpadu di MTs Negeri Bantarwaru Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran IPS terpadu di MTs Negeri Bantarwaru Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka dilakukan dalam berbagai pembelajaran, baik pembelajaran yang sifatnya mata pelajaran atau melalui pembiasaan pengakan tata tertib dan teladan dari semua elemen sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan ksuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi.Sementara untuk pengolahan data digunakan rumus prosentase dan rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data, banyak siswa yang menyatakan mereka sangat antusias dengan nilai cukup baik dengan adanya pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah mereka yaitu di MTs N Bantarwaru, ini dibuktikan bahwa rata-rata yang merespon dengan baik sebesar 54,723 % sedangkan yang menyatakan kadang-kadang sebesar 28,678 % dan yang menyatakan tidak pernah sebesar 16,599%. Sedangkan siswa yang menyatakan bahwa mereka sangat termotivasi dengan adanya pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah. Ini dibuktikan bahwa rata-rata yang merespon dengan baik sebesar 54,906%, sedangkan yang menyatakan kadang-kadang sebesar 23,962% dan yang menyatakan tidak pernah sebesar 21,132%. Sedangkan melihat dari hasil pengolahan data yang ada proses pembelajaran pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa sangat mempunyai pengaruh yang sangat baik. Hal ini bisa di lihat dari hasil pengujian regresi sederhana dengan menghasilkan nilai sig. 0,009 dan 0,000 (< 0,05). Dengan persamaan Y = 10,373 + 0,748 x. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Karena nilai t hitung lebih kecil dari pada nilai t tabel, yakni 0,009 dan 0,000 (< 0,05). Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:32 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2152 |
Actions (login required)
View Item |