Lina Layyinah, (2012) PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Lina Layinah-min.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
Lina Layyinah : PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG CIREBON Pada era globalisasi di saat kompetisi di bidang usaha semakin ketat, perbankan harus mempunyai strategi pertahanan untuk mempertahankan nasabah melalui kualitas produk dan pelayanan yaitu keunggulan produk, pelayanan yang lebih baik dibandingkan pesaingnya, dan empati yang tinggi kepada nasabah agar bisa ikut dalam persaingan. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap bank untuk memperhatikan kebutuhan dan keinginan nasabahnya serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih unggul serta lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh pihak bank dan pesaing lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk pembiayaan mudharabah terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk pembiayaan mudharabah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan datanya melalui observasi langsung ke Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon, penyebaran angket yang ditujukan kepada responden nasabah. Sampel dari nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon sebanyak 60 responden. Uji instrumen yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji regresi berganda, pengujian hipotesis (uji F/ simultan, uji koefisien determinasi, uji t/ parsial). Berdasarkan hasil penelitian produk pembiayaan mudharabah dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah, hal ini dapat dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis variabel produk pembiayaan mudharabah memiliki nilai thitung 2,295 > ttabel 1,67155 dan variabel kualitas pelayanan memiliki nilai thitung 5,246 > 1,67155, maka H0-1 ditolak dan Ha-1 diterima. Kemudian variabel produk pembiayaan mudharabah dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah dengan hasil Fhitung 379,521 > Ftabel 3,15 maka H0-2 ditolak dan Ha-2 diterima. Dari uji determinasi diperoleh perhitungan sebesar 93% ditentukan oleh produk pembiayaan mudharabah dan kualitas pelayanan, dan sisanya 7% dijelaskan oleh variabel lain. Kata Kunci: Produk Pembiayaan Mudharabah, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:52 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2435 |
Actions (login required)
View Item |