HUBUNGAN MANAJEMEN KEUANGAN BOS DAN KEGIATAN OPERASIONAL SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON

IIN INDRIATI, (2011) HUBUNGAN MANAJEMEN KEUANGAN BOS DAN KEGIATAN OPERASIONAL SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010008 - Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IIN INDRIATI “Hubungan Manajemen Keuangan BOS dan Kegiatan Operasional Sekolah dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar se Kecamatan Kesambi Kota Cirebon” Pemerataan dan perluasan akses pendidikan melalui program wajib belajar 9 tahun pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, maka pemerintah memberi layanan pendidikan dan menerapkan program sekolah gratis bagi siswa tidak mampu melalui penyedian BOS. Dalam implementasnya dihadapkan berbagai masalah penyaluran dana BOS, diataranya keterbatasan sumber daya manusia. Pengelolaan BOS di sekolah adalah kepala sekolah. Sayangnya manajemen keuangan kurang dipelajari kepala sekolah, sehingga berdampak terhambatnya program BOS, BOS merupakan sumber dana utama. Dengan terhambatnya pencairan dana BOS, kegiatan operasional sekolah kurang lancar, kinerja guru pun tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara manajemen keuangan BOS dengan kinerja guru, hubungan kegiatan operasional sekolah dengan kinerja guru dan hubungan secara bersama-sama antara manajemen keuangan BOS dan kegiatan operasional sekolah dengan kinerja guru. Memenej keuangan sekolah merupakan salah satu tugas kepala sekolah. Keberhasilan program sekolah sangat bergantung pada cara pengelolaan keuangan, yang mempengaruhi kinerja sekolah secara menyeluruh, maka kepala sekolah perlu memiliki pengetahuan keterampilan yang memadai melalui pelatihan manajemen keuangan yang baik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey di sekolah dasar se Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui instrumen penelitian dalam bentuk kuisioner pada populasi tertentu secara random, analisis data bersifat kuantitatif, statistik bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil pengujian hipotesis dapat dijelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen keuangan BOS dengan kinerja guru tergolong cukup kuat dengan nilai r = 0,60, artinya terdapat hubungan yang kuat antara manajemen keuangan BOS dengan kinerja guru. Terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan operasional sekolah dengan kinerja guru tergolong sedang dengan nilai r = 0,52, artinya terdapat hubungan walaupun masuk kategori sedang. Dan terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen keuangan BOS dan kegiatan operasional sekolah dengan kinerja guru tergolong rendah dengan nilai r = 0, 34, artinya terdapat hubungan antara manajemen keuangan BOS dan kegiatan operasional sekolah dengan kinerja guru secara simultan termasuk rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 01:22
Last Modified: 03 May 2017 01:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item