NENENG SRI WULAN, (2011) DAMPAK MANAJEMEN KELAS DENGAN STRATEGI PAIKEM TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI MTs MANBA’UL ‘ULUM SILEBU KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MPI-116010029 - Abstraksi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
NENENG SRI WULAN. Dampak Manajemen Kelas dengan Strategi PAIKEM terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah di MTs Manba’ul ‘Ulum Silebu Kabupaten Kuningan. Menurut UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Sehingga pendidikan dalam usahanya tersebut harus berupaya mewujudkan proses pembelajaran yang humanis dan konstruktif agar apa yang disampaikan oleh pendidik dapat dicerna, dimengerti, dan dilaksanakan dengan mudah dan baik oleh anak-anak didiknya. Hal di atas menjadi tantangan bagi guru mata pelajaran sejarah di MTs Manba’ul ‘Ulum Silebu Kabupaten Kuningan agar proses belajar mengajar terutama di dalam kelas dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan sebaik mungkin. Namun dari pihak siswanya sendiri merasa tidak begitu tertarik dengan mata pelajaran sejarah, seakan-akan hanya untuk memenuhi persyaratan paket mata pelajaran yang harus dipelajarinya. Siswa tidak mengerti dan menyadari mengenai pentingnya mempelajari sejarah. Siswa beranggapan bahwa pelajaran sejarah tidaklah begitu penting sebab tidak termasuk dalam pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional. Keadaan ini tentunya akan sangat besar dampaknya terhadap minat dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan konsep manajemen kelas dengan strategi PAIKEM yang diterapkan dalam pelajaran sejarah di MTs Manba’ul ‘Ulum Silebu Kabupaten Kuningan, untuk menjelaskan respon siswa terhadap penerapan manajemen kelas dengan strategi PAIKEM dalam proses pembelajaran sejarah di MTs Manba’ul ‘Ulum Silebu Kabupaten Kuningan, dan untuk membuktikan dampak dari penerapan manajemen kelas dengan strategi PAIKEM terhadap minat dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di MTs Manba’ul ‘Ulum Silebu Kabupaten Kuningan. Manajemen kelas dengan strategi PAIKEM merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan pendidikan. Manajemen kelas adalah pengaturan yang mengacu kepada penciptaan suasana atau kondisi kelas yang memungkinkan siswa dalam kelas tersebut dapat belajar dengan efektif. Strategi PAIKEM dimaksudkan agar guru dapat memusatkan perhatian siswa secara penuh pada belajar. Sehingga Manajemen kelas dengan strategi PAIKEM dimaksudkan dapat meningkatkan minat perhatian belajar siswa tinggi dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pula. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana instrumen utama penelitiannya adalah peneliti sendiri sebagai ujung tombak pengumpul data. Peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk mengumpulkan sejumlah informasi yang dibutuhkan dengan terlebih dahulu memiliki beberapa pedoman yang akan dijadikan alat bantu mengumpulkan data. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis untuk menggambarkan, menjelaskan, dan membuktikan hasil penelitian secara obyektif, jelas, dan sistematis sesuai dengan yang diharapkan dalam tujuan penelitian. Penerapan Manajemen Kelas dengan Strategi PAIKEM dalam Mata Pelajaran Sejarah di MTs Manba’ul ‘Ulum Silebu Kabupaten Kuningan mendapat respon yang cukup positif. Sehingga secara otomatis respon positif tersebut menjadi faktor penting dalam meningkatnya minat dan prestasi siswa dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 03 May 2017 02:14 |
Last Modified: | 03 May 2017 02:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2496 |
Actions (login required)
View Item |