Diana Qoudarsi, (2011) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT (Penelitian Pada BMT Nur I’anah Plered Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Diana Q-min.pdf Download (590kB) | Preview |
Abstract
Diana Qoudarsi : PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT (Penelitian pada BMT Nuri’anah Plered Cirebon). BMT dituntut untuk meningkatkan jumlah nasabah, untuk itu diperlukan penerapan strategi pemasaran dan komunikasi yang tepat untuk menjalankan peran dan fungsi strategis mensosialisasikan BMT kepada nasabah. Respon yang ada di masyarakat menunjukan bahwa BMT belum menerapkan strategi pemasaran dan komunikasi secara maksimal, sehingga masih banyak masyarakat atau nasabah belum memahami dengan benar atas produk atau jasa yang ditawarkan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pemasaran berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung, apakah komunikasi berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung, dan apakah penerapan strategi pemasaran dan komunikasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pemasaran terhadap minat nasabah untuk menabung, pengaruh komunikasi terhadap minat nasabah untuk menabung, dan pengaruh penerapan strategi pemasaran dan komunikasi secara bersama-sama terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nur I’anah Plered Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, selain menggambarkan dan menjelaskan fakta-fakta empiris yang ditemui di lapangan, peneliti juga menganalisis strategi pemasaran dan komunikasi serta pengaruhnya terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah Plered Cirebon. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran dan komunikasi secara simultan terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah Plered Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Adapun uji statistik dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji t, uji F, korelasi dan regresi ganda, yang dihitung dengan metode SPSS. Kesimpulan penelitian adalah pengaruh (R) dan kontribusi (R2) strategi pemasaran dan komunikasi secara simultan terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah Plered Cirebon adalah 0,543 dan 29,50%. Hal ini menunjukan bahwa minat nasabah untuk menabung sebesar 29,50% dipengaruhi oleh faktor strategi pemasaran dan komunikasi, sedangkan sisanya 70,50% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun nilai Fhitung variabel strategi pemasaran dan komunikasi terhadap minat nasabah untuk menabung yaitu sebesar 7,739 > 3,25 (Ftabel), artinya pengaruh penerapan strategi pemasaran dan komunikasi secara simultan signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah Plered Cirebon. Sedangkan pengaruh (R) dan kontribusi (R2) strategi pemasaran secara parsial terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah Plered Cirebon adalah 0,526 dan 27,67%. Hal ini menunjukan bahwa minat nasabah untuk menabung dipengaruhi oleh strategi pemasaran sebesar 27,67% dan sisanya 72,33% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun nilai thitung variabel strategi pemasaran terhadap minat nasabah untuk menabung yaitu sebesar 3,723 > 2,021 (ttabel), artinya pengaruh penerapan strategi pemasaran secara parsial signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT Nuri’anah Plered Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 04 May 2017 01:28 |
Last Modified: | 04 May 2017 01:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2534 |
Actions (login required)
View Item |