PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERKOLABORASI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 KOTA CIREBON

U’US KHUSNIYATI, (2012) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERKOLABORASI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360002_RACHMAYANTI__OK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

U’us Khusniyati (58461195) : Penerapan Metode Picture and Picture Berkolaborasi Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Ekosistem di SMP Negeri 2 Kota Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi di SMP Negeri 2 Kota Cirebon bahwa pembelajaran IPA biologi khususnya materi pembelajaran ekosistem masih banyak sekali mengalami hambatan. Guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran. Guru juga masih menggunakan metode konvensional pada materi pembelajaran ekosistem. Hal tersebut membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Selain itu faktor lingkungan yang yang kurang mendukung karena tidak ada taman dan belum diterapkanya metode Picture and Picture berkolaborasi STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Picture and Picture berkolaborasi STAD pada materi pembelajaran ekosistem, untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Picture and Picture berkolaborasi STAD dengan metode konvensional pada materi pembelajaran ekosistem, untuk mengkaji sikap siswa setelah diterapkanya metode pembelajaran Picture and Picture berkolaborasi Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pembelajaran ekosistem di SMPN 2 Kota Cirebon. Metode penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu dimulai dari 30 April 2012 sampai dengan 30 juni 2012 di SMP Negeri 2 Kota Cirebon. Sample dalam penelitian ini adalah satu kelas eksperimen dengan jumlah 48 siswa kelas VII A dan satu kelas kontrol dengan jumlah 48 siswa kelas VII B. Pengambilan sample dam penelitian ini secara sample random. Sumber data yaitu dari sumber teoritik dan empirik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan yaitu dari nilai rata-rata Pre Test 50 menjadi 80,35 pada rata-rata Post Test dan nilai ratarata gain sebesar 0,61. Sedangkan kelas kontrol rata-rata siswa mengalami kenaikan dari nilai rata-rata awal 56 menjadi 74,86 pada rata-rata akhir dan nilai rata-rata gain sebesar 0,42. Rata-rata gain kelas eksperimen 0,61 lebih tinggi dari kelas kontrol 0,46. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan menunjukkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hasil rekapitulasi angket secara keseluruhan siswa menjawab sangat setuju sebesar 38,86%, siswa menjawab setuju sebesar 45,73%. Hasil uji rating scal menunjukkan kriterium 86,02% sehingga sikap siswa dikatakan baik karena terletak pada kriteria sangat kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, ini dapat dilihat dari perolehan nilai N-Gain masing-masing kelas. Terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan Metode Picture and Picture berkolaborasi STAD pada materi pembelajaran ekosistem di SMP Negeri 2 Kota Cirebon sesuai dengan uji hipotesis. Sikap siswa terhadap penerapan Metode Picture and Picture berkolaborasi STAD berkategori sangat baik (sangat kuat). Keywords: STAD, Picture and Picture, hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:24
Last Modified: 07 Jun 2017 03:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item