PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TURUNAN KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KEDAWUNG CIREBON

GUNAWAN, (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TURUNAN KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KEDAWUNG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
GUNAWAN 14111510015 (WM BLM).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

GUNAWAN: Berdasarkan pengamatan, menurut guru-guru mata pelajaran matematika yang bersangkutan, kemampuan komunikasi matematika masih relatif rendah. Hal tersebut dilihat dari masih sulitnya siswa untuk menyampaikan ide-ide matematika ke dalam bentuk simbol matematika, masih belum bisa menyatakan kejadian sehari-hari dalam bahasa simbol matematika dan ada guru matematika yang masih berfokus hanya mengajarkan matematika sebanyak mungkin kepada siswa, sehingga siswa sulit untuk memahami. Mengingat pentingnya kemampuan komunikasi matematika, maka dikembangkanlah suatu model pembelajaran yang erat hubungannya dengan kemampuan komunikasi matematika, antara lain model pembelajaran kooperatif berbasis mind map. Model pembelajaran kooperatif berbasis mind map adalah cara yang digunakan oleh guru dalam rangkaian kegiatan pembelajaran dimana siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok tertentu kemudian siswa menggambarkan dan mengkomunikasikan cara berfikirnya secara terstruktur sesuai dengan jalan pikiran siswa. Sehingga diasumsikan apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map maka mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif berbasis mind map, (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map, (3) Menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map terhadap kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan turunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes. Populasinya adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kedawung Cirebon. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Adapun teknik analisis datanya diolah dengan menggunakan SPSS versi 20 for windows. Dari hasil analisis data diperoleh respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map sebesar 78,41% dan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa adalah tentang 77,11. Setelah melakukan pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung (3.287) > ttabel (1.689), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map terhadap kemampuan komunikasi matematika. Persamaan regresi Ŷ = 14.216 + 0.802 X. Koefisien regresinya sebesar 0,802 menyatakan bahwa setiap penambahan (peningkatan) penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map akan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematika sebesar 0,802. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara model pembelajaran kooperatif berbasis mind map terhadap kemampuan komunikasi matematika. Dari koefisien korelasi sebesar 0, 486 diperoleh indeks determinasi sebesar 0,236 yang berarti 23,6% kemampuan komunikasi matematika ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis mind map dan sisanya sebesar 76,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, mind map, komunikasi, matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 May 2017 07:14
Last Modified: 05 May 2017 07:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item