ABDUL TOPIK, (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI POKOK SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS IV SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 2 SINDANGMEKAR KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ABDUL TOPIK_PROGRAM KUALIFIKASI S1 PAI TARBIYAH (WM BLM)-min.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Abdul Topik (NIM: 14111190037) : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Shalat melalui Metode Demonstrasi kelas IV SD Negeri 2 Sindangmekar Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon Proses belajar mengajar merupakan proses interaktif antara guru dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang memadai baik dalam segi proses maupun dalam segi hasil, karena efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari dua segi tersebut proses dan hasil pembelajaran itu banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun eksternal, salah satu faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar adalah metode pengajaran yang di pakai, penelitian bertujuan untuk meneliti tentang bagaimana penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan prestasi belajar siswa yang di capai. Metode demonstrasi merupakan cara penyajian pelajaran dengan meragakan mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya atau tiruan yang seiring disertai dengan penjelasan lisan, sedangkan prestasi belajar seorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau rapot setiap mata pelajaran setelah mengalami proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatip metode pengumpulan data yang penulis pakai menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang ditentukan sejak awal penelitian. Penelitian data ini menggunakan skor angket dan hitungan statistik dengan cara siklus. Sebagai kesimpulan akhir yang diperoleh setelah menempuh perhitungan statistik, ternyata ada hubungan yang kuat atau erat antara efektifitas pengguna metode demonstrasi dua prestasi belajar siswa di SDN 2 Sindangmekar Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon artinya penggunaan metode demonstrasi berpengaruh besar terhadap hasil yang dicapai berupa prestasi belajar siswa. Hal tersebut dikutikan dari hasil nilai akhir antara Siklus I dan Siklus II dan kenaikan skor. Siklus I jumlah 10,33 dengan rata-rata 2,05 dengan kriteria cukup, dan pada siklus II jumlah 19,01 dengan rata-rata 3,88 dengan kriteria baik. Berarti kenaikan skor siklus I – ke siklus II adalah 8,68 dengan rata-rata 1,83 itu menunjukkan metode demonstrasi terhadap belajar siswa di sekolah SD Negeri 2 Sindangmekar Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon dibuktikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 01:29 |
Last Modified: | 10 May 2017 01:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2762 |
Actions (login required)
View Item |