PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 SUMBER KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

ACHMAD SAMURI, (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 SUMBER KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ACHMAD SAMURI (WM BLM) - Copy-min.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

ACHMAD SAMURI: NIM. 14111110002 Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar keterampilan spesifik, ilmu pengetahuan, dan sikap serta yang membuat siswa senang. Media pada umumnya dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan baik, begitu pula dengan media audiovisual dapat menyampaikan pesan dengan baik, selain itu dapat memotivasi siswa dalam belajar, tidak menjenuhkan, dan membuat siswa senang dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha mengungkap sejauh mana pengaruh pengguanaan media audiovisual dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan apakah ada pengaruh Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 SumberKecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini berawal dari kerangka pemikiran bahwa Belajar dengan menggunakan indera ganda, pandang dan dengar akan memberikan keuntungan bagi siswa. Siswa akan belajar lebih banyak dari pada jika materi pelajaran disajikan hanya dengan stimulus pandang atau hanya dengan stimulus dengar, dengan demikian hasil belajar kiranyadapatmencapaiapa yang hendakdicapai. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, antara lain: wawancara, angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus persentase, korelasi product moment, dan koefisien determinasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, antara lain: Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) termasuk dalam kategori cukupdengan nilai 74,5 % karena berada pada interval 56 % - 75 %.Pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk dalam kategori cukup. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan mean (79,41), modus (82,29), dan median (71,5). pengaruh penggunaan media audiovisual dalam Pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon menunjukkan nilai korelasi yang mencapai rxy= 0,058 yang menunjukkan pada korelasi sedang karena berada pada interval 0,40 – 0,60. Adapun pengaruh penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran (variabel X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (variabel Y) di SMP Negeri 2 Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon adalah sebesar 33,64 % sedangkan sisanya yaitu 66,36 % dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 01:32
Last Modified: 10 May 2017 01:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item