BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SULTAN AGUNG KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

BAHRUDIN, (2015) BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SULTAN AGUNG KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BAHRUDIN PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Bahrudin : NIM : 14111110011 Bimbingan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan SMK Sultan Agung Sumber Kelurahan Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Bimbingan membaca Al-Qur’an merupakan bantuan yang diberikan oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) agar siswa dan siswi mampu membaca Al- Qur’an secara baik dan benar serta sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid, dalam realitasnya banyak \ siswa dan siswi yang belum mampu membaca Al- Qur’an secara baik dan benar. Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut apakah karena orang tua siswa dan siswi yang kurang memberikan dukungan untuk mempelajari Al-Qur’an ataukah karena faktor siswa dan siswi yang kurang termotivasi untuk mempelajari Al-Qur’an sehingga masih banyak siswa dan siswi yang belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidahkaidah ilmuj tajwid. Penelitian yang dilakukan di SMK Sultan Agung Sumber bertujuan untuk memperoleh data tentang bimbingan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan data tentang kemampuan membaca Al- Qur’an siswa. Pembacaan terhadap Al-Qur’an berkaitan dengan dua hal: pertama, pembacaan yang berkenaan dengan cara pelafalan huruf-huruf, kata-kata, serta kalimat-kalimat Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid, dan kedua, pembacaan dalam makna atau maksudnya. Keduanya sama-sama penting dan bernilai ibadah. Pembacaan dalam tahapan pertama harus dilakukan sebelum tahapan berikutnya, karena dengan belajar untuk membaca Al-Qur’an berarti melangkah maju untuk berusaha memahami isi Al-Qur’an. Dalam menganalisis data penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data : Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket dan test dengan menggunakan rumus prosentase. Kemudian untuk mempermudah analisis data guna mengetahui hubungan antara variabel x dan y peneliti menggunakan rumus product moment. Dari hasil analisis data dapat di peroleh kesimpulan bahwa bimbingan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam kategori Baik dengan skor sebesar 85.1%. kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa dalam kategori Baik dengan skor sebesar 83.25%. terdapat pengaruh bimbingan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa yaitu dengan kategori cukup, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan keofisien korelasi dengan nilai 0.54 dan nilai kontribusi determinasi yaitu dengan nilai prosentase sebesar 29.16% sedangkan sisanya sebesar 70.84% dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:11
Last Modified: 10 May 2017 02:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item