EEM, (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRO SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SINDANG KEMPENG KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EEM (WM BLM)-min.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Nama : Eem Masitoh NIM : 14111190030 Judul Skripsi : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menggunakan Metode Iqro Siswa Kelas III SD Negeri 2 Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa masih banyaknya siswa-siswi SD kelas tinggi,bahwa untuk membaca dengan benar sesuai aturan (tartil), dirasakan oleh sebagian besar guru pada saat mengajarkan agama pada kompetensi bacaan Al Qur’an masih banyak yang belum mencapai kemampuan tersebut bahkan sekedar membaca biasa saja banyak siswa yang belum mampu membacanya,kenyataannya seperti itulah tidak sedikit orangtua siswa, serta guru mendorong anak untuk mendapat pelajaran khusus ditempat pendidikan non formal antara lain Madrasah Diniyah, taman pendidikan Al Qur’an (TPA), pengajian-pengajian dengan metode tradisional ataupun metode baca terbaru Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan metode iqra dalam pembelajaran Al Qur’an,memperoleh tentang respon siswa terhadap penggunaan metode iqro dalam pembelajaran Al Qur’an dan untuk memperolah tentang minat siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Al Qur’an di SD Negeri 2 Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Penggunaan metode iqro dalam pembelajaran Al Qur’an sebagai cara yang tersedia di sekolah. Sedikit besarnya akan memberi pengaruh positif terhadap prestasi siswa di sekolah. Karena metode ini sebagai media pengajaran memiliki keluwesan untuk belajar dan ditugaskan kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan diajarkan. Artinya siswa dituntut untuk mandiri dan kreatif, sehingga siswa lebih dapat memahami dan memiliki catatan pengalaman sebagaimana proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 (dua) siklus; yakni pra siklus, siklus I, siklus II. Dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa di kelas III di SD Negeri 2 Sindangkempeng dengan jumlah siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil belajar pada pra siklus sebesar 70%, pada siklus I menunjukkan peningkatan, dengan ketuntasan hasil belajar 75%, hasil belajar meningkat lagi pada siklus II, dengan ketuntasan hasil belajar 80%.Dapat disimpulkan bahwa penggunaaan metode iqro pada mata pelajaran PendIdikan Agama Islam (PAI) pokok bahasan kemampuan membaca Al Qur’an dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 02:45 |
Last Modified: | 10 May 2017 02:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2785 |
Actions (login required)
View Item |