UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Kauman Gebangudik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon)

RADEN MUHAMMAD MULIANA BAGUS SANTOSA, (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Kauman Gebangudik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RADEN MUHAMMAD MULIANA BAGUS SANTOSA (59471354) (WM BLM)-min.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Judul :Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Resource Based Learning (RBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Kauman Gebangudik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon) Nama : Raden Muhammad M.B.S (59471354) Sebagai tenaga profesional, para guru dituntut untuk melaksanakan pembaharuan atau perbaikan pembelajaran di kelas disamping tugas pokoknya yaitu mengajar dan membimbing siswa untuk dapat mengembangkan dirinya. Guru tidak lagi cukup hanya sebagai penerima pembaharuan yang telah tuntas dikembangkan, tetapi diharapkan guru dapat aktif berperan serta dalam memecahkan masalah pembelajaran yang dialami di kelas melalui kegiatan penelitian. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu solusi untuk permasalahan pembelajaran di kelas, namun belum banyak guru PAI yang melakukan PTK sebagai salah satu solusi pemecahan masalah pembelajaran dan untuk meningkatkan efektivitas belajar. Aktifitas proses belajar siswa kelas V SD Kauman Gebangudik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon yang cenderung masih belum aktif, masih ditemukan siswa yang ketikan proses belajar mengajar berlangsung, siswa lebih banyak diam. Pendekatan pembelajaran masih menggunakan cara lama seperti metode ceramah, dimana seorang guru ketika menyampaikan banyak berbicara didepan siswa dan kurang berupaya melakukan sesuatu yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Buku atau bahan ajar yang digunakan kurang variatif, hanya mengandalkan buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah. Hasil belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai siswa dimana setiap kegiatan belajar dapat menimbulkan suatu perubahan yang khas. Dalam hal ini belajar meliputi ketrampilan proses, keaktifan, motivasi juga prestasi belajar. Prestasi adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Kauman Gebangudik Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah 1. Perencanaan (planning) 2. Tindakan (acting) 3. Pengamatan (observe) 4. Refleksi (reflection) Setelah dilaksanakan penelitian dengan pendekatan Resource Based Learning (RBL), hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor dan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus satu adalah 62,5 % dengan nilai rata- rata 71, dan pada siklus dua meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata 79,1.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 06:57
Last Modified: 10 May 2017 06:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item