RISTA NURKARTIKA, (2015) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA 15-17 TAHUN DI RUMAH (Studi Kasus Keluarga Pedagang Pasar Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
RISTA PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf Download (449kB) | Preview |
Abstract
RISTA NURKARTIKA NIM 59410264“PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA 15-17 TAHUN DI RUMAH (STUDI KASUS KELUARGA PEDAGANG PASAR KELURAHAN HARJAMUKTI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON)”Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan fondasi primer bagi perkembangan anak, maka pola asuh orang tua yang diterapkan akan sangat berpengaruh pada perkembangan jiwa anak, termasuk masalah kedisiplinan belajarnya. Bila pola asuh yang diterapkan pada anak baik maka akan membentuk anak dengan kedisiplinan belajar yang baik pula. Sedangkan bila orang tua salah dalam menerapkan pola asuh akan berdampak buruk pada perkembangan kedisiplinan belajar anak. Di RW 07 Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon terdapat fenomena anak-anak tidak disiplin belajar dirumah yang ditandai dengan tidak dapat mengatur waktu belajar dirumah, tidak mau mengerjakan tugas atau PR, tidak mau mengerajakan tugas kelompok dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). pola asuh demokratis orang tua pedagang di RW 07 Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. 2). Kedisiplinan belajar anak usia 15-17 tahun di RW 07 Kelurahan Harjamukti Kecamatan harjamukti Kota Cirebon. 3). Pengaruh pola asuh demokratis ibu pedagang terhadap kedisiplinan belajar dirumah anak usia 15-17 tahun di RW 07 Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Pola asuh orang tua adalah suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak. Orang tua merupakan cerminan bagi setiap anak-anaknya, karenanya sudah menjadi kewajiban orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan anak termasuk kedisiplinan belajarnya, agar anak terbiasa disiplin dalam segala hal dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan empirik, yaitu studi lapangan. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus keterpengaruhan product moment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1). Pola asuh demokratis orang tua pedagang di RW 07 Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon dapat di kategorikan cukup baik karena mencapai 62,731% yang berada dalam interval 56% - 75%. 2). Kedisiplinan belajar anak usia 15-17 tahun di RW 07 Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon dapat di kategorikan cukup baik karena mencapai 56,365% yang berada dalam interval 56% - 75%. 3). Penerapan pola asuh ibu pedagang memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan belajar dirumah anak sebesar 73,96% dan sisanya 26,04% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti faktor lingkungan, motivasi diri dan pergaulan yang tidak diteliti
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 07:06 |
Last Modified: | 10 May 2017 07:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |