ERY KHAERIYAH, (2012) PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BMT EL-SYARI’AH KEDAWUNG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ERY KHAERIYAH_58321445__ok.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ERY KHAERIYAH:Mengacu pada undang-undang No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dan keputusan menteri no.91/Kep/M.KUKM/IX/2004 tentang petujuk pelaksanaan koperasi jasa keuangan syariah, menjadikan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) semakin menunjukkan eksistensinya. Untuk mempertahankan eksistensinya dan agar dapat menciptakan kepuasan nasabah, BMT harus tanggap dalam membaca persaingan seiring dengan perkembangan yang ada baik dari segi kualitas produk maupun kualitas pelayanan. Dan terkait dengan kualitas produk, ada produk pembiayaan yang banyak diminati oleh para nasabahnya yaitu pembiayaan murabahah. Oleh karena itu, muncul ketertarikan untuk mengangkat pembiayaan murabahah dan kualitas pelayanan dalam sebuah kajian penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembiayaan murabahah terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembiayaan murabahah dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan nasabah BMT El-Syari’ah Kedawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research dimana informasi diperoleh melalui wawancara, kuesioner/angket, dokumentasi dan observasi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah responden 66 nasabah. Uji instrumen yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Karena data berbentuk ordinal maka ditransformasi dahulu menjadi data interval. Kemudian data dianalisis mengunakan uji normalitas, regresi berganda dan uji Multikolinieritas, pengujian hipotesis (uji t/ parsial dan uji F/simultan) serta uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penelitian ini tidak ditemukan adanya multikolinieritas. Dan pembiayaan murabahah (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT El-Syari’ah Kedawung karena thitung = 2,981 dan ttabel = 1,669 artinya thitung > ttabel, maka H0-1 ditolak dan Ha-1 diterima. Serta kualitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT El-Syari’ah Kedawung dengan hasil thitung = 2,553 dan ttabel = 1,669 artinya thitung > ttabel, maka H0-2 ditolak dan Ha-2 diterima. Pembiayaan murabahah dan kualitas pelayanan secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BMT El-Syari’ah Kedawung, dengan hasil Fhitung > Ftabel atau 9,319 > 3,143 dan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini juga menginformasikan bahwa kontribusi pembiayaan murabahah dan kualitas pelayanan hanya sebesar 22,8% terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci: Pembiayaan Murabahah, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 07:15 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/296 |
Actions (login required)
View Item |