NURUL FAJRI, (2015) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial GuruMatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Mathematics ProblemSolving) (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Asy-Syahida Cangkoak Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
NURUL FAJRI MTK (WM B;M).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Mathematics Problem Solving) di Kelas VIII SMP Asy-Syahida Cangkoak Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Kompetensi sosial guru merupakan faktor yang cukup menentukan dalam menunjang kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika. Banyak ditemukan penyebab dari sulitnya siswa untuk memecahkan masalah matematika yaitu karena kurang maksimalnya guru dalam menggunakan kompetensi sosial saat mengajar, setidaknya dari pola komunikasi yang dibangun dalam kelas. Sehingga peneliti menduga kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di antaranya dipengaruhu oleh persepsi terhadap kompetensi sosial guru. Atas dasar itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penilitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes.Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel kelompok secara acak, dalam hal ini kelompok tersebut dianggap sebagai rombongan belajar (rombel) dan diperoleh sampel yaitu kelas VIII A yang di dalamnya terdapat40 siswa.Sementara teknik analisis yang digunakan untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan data hasil penelitian, diketahui terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Semakin baik persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru matematika, maka semakin meningkat kemampuan pemecahan masalah matematika. Dari perhitungan koefisien determinasi didapat nilai sebesar10.70%. Yangartinya, persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru matematika memberikan kontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar10.70%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 07:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2991 |
Actions (login required)
View Item |