PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DAN KORELASINYA DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MA KHAS KEMPEK KABUPATEN CIREBON

USWATUN HASANAH, (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DAN KORELASINYA DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MA KHAS KEMPEK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
Uswatun (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan Strategi Pembelajaran Heuristik dan Korelasinya dengan Minat Belajar Matematika Pada Siswa MA KHAS Kempek Kabupaten Cirebon. Minat belajar matematika pada siswa kelas X – 9 MA KHAS Kempek kurang optimal karena anggapan siswa terhadap pelajaran matematika itu sulit, saat pembelajaran matematika kurang kondusif, dan pembelajaran masih terpusat dengan guru. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah penerapan strategi pembelajaran heuristik dalam belajar matematika. Heuristik adalah strategi pembelajaran dimana siswa dapat menemukan hasil sendiri dengan langkah-langkah yang guru berikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan seberapa baik respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran heuristik dalam pembelajaran matematika, 2) menggambarkan seberapa baik minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika, dan 3) membuktikan apakah respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajarn heuristik berkorelasi dengan minat belajar matematika pada siswa di MA KHAS Kempek Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA KHAS Kempek Kabupaten Cirebon. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas X – 9 sebagai sampel dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang. Instrumen penelitian yang digunakan: 1) angket respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran heuristik, dan 2) angket minat belajar matematika pada siswa di MA KHAS Kempek Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh respon siswa dalam penerapan strategi pembelajaran heuristik terhadap minat belajar matematika sebesar 72% tergolong dalam kategori kuat. Penerapan strategi pembelajaran heuristik berkorelasi dengan minat belajar matematika pada siswa. Hal ini terlihat dari koefisien korelasi 0,72% yang termasuk dalam kategori kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item