Anwar Sanusi, AS and Yufa Chaeranib, YC (2018) STRATEGI FUNDRAISING DALAM PENINGKATAN PENERIMAAN DANA ZAKAT INFAQ SHADAQAH DI ZAKAT CENTER THORIQOTUL JANNAH CIREBON. Jurnal Manajemen STIEC, 1 (1). pp. 61-74. ISSN 2337-4012
|
Text
Strategi Fundraising.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan strategi fundraising yang dilakukan oleh Zakat Center dalam peningkatkan penerimaan dana ZIS serta mengetahui dan memahami faktor internal dan eksternal fundraising di dalam peningkatan penerimaan dana ZIS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fundraising dalam peningkatan penerimaan dana ZIS yang dilakukan oleh Zakat Center, yaitu ada lima. Pertama, silaturahmi ke donatur/muzakki. Kedua, sosialisasi ke kantor swasta maupun instansi pemerintahan. Ketiga, mengirimkan pesan broadcast ke donatur/muzakki. Keempat, transfer donasi. Kelima, stand Zakat Center. Faktor internal yang mempengaruhi peningkatan penerimaan dana ZIS yaitu: (1) Penguatan keimanan oleh semua karyawan Zakat Center terutama staff fundraising; (2) Amilin Zakat Center harus mempunyai KOMAR; (3) Kekompakan funding agent Zakat Center; (4) Sarana dan prasarana Zakat Center. (5) Pelayanan Zakat Center. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi peningkatan penerimaan dana ZIS yaitu: (1) Persaingan dengan LAZ lain; (2) Kesadaran umat Islam dalam melaksanakan ZIS; (3) Dukungan pemerintah; (4) Lingkungan dengan penduduk mayoritas Islam. Kata Kunci: Strategi Fundraising, dana ZIS. Kata Kunci: Strategi Fundraising, dana ZIS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 00:13 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 00:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3107 |
Actions (login required)
View Item |