PERBANDINGAN, KONSISTENSI DAN RASIONALITAS PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL (Studi Komparatif Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon)

Yeti Nurizzati, YN PERBANDINGAN, KONSISTENSI DAN RASIONALITAS PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL (Studi Komparatif Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon). Project Report. -, Cirebon. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Lap Peneltn 2013 lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dengan beragamnya jenis pendidikan yang ada, maka orang tua dan siswa, haruslah pandai dalam memilih sekolah. Terlepas dari bagaimana manajemen lembaga pendidikan dalam mengelola sekolah, maka bagaimana persepsi siswa pada berbagai tingkatan sekolah terhadap pemilihan sekolah khususnya pesantren, yaitu bagaimana perbandingan, kekonsistenan dan kerasionalannya dalam memilih pesantren adalah masalah yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan latar belakang siswa memilih Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon; (2) Membandingkan antar persepsi siswa di setiap tingkatan sekolah terhadap pemilihan Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon; (3) Mengetahui konsistensi dan rasionalitas antar persepsi siswa pada setiap tingkatan sekolah terhadap Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon. Dalam hal pemilihan pesantren, siswa akan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, terdiri dari pendidikan dan penghasilan orang tua siswa. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa yang tidak lain adalah karakter yang dimiliki pesantren (islamic boarding school) Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif berupa eksplorasi data. Dengan responden adalah santri di berbagai tingkatan sekolah (SD, SMP, SMA) di Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah, serta pengasuh pesantren dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan program R untuk memperoleh hasil biplot dan nilai R2. Pada siswa SD/MI, pemilihan pesantren masih kurang rasional; tapi meningkat kerasionalannya untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Kekurangrasionalan dalam pemilihan tercermin dari faktor yang menjadi pertimbangan bukanlah kualitas pembelajaran tapi hal lain seperti biaya, lokasi, atau kepribadian pengasuh pesantren. Pemilihan pesantren di setiap tingkatan (SD, SMP, dan SMA) di Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah juga kurang konsisten satu sama lain. Hal ini dilihat dari nilai R2 yang kecil yaitu SD-SMP sebesar 3,119%, SD-SMA sebesar 3,002% dan SMP-SMA sebesar 0,741%. Kata kunci : perbandingan, konsistensi, rasionalitas, persepsi, islamic boarding school

[error in script]
Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Date Deposited: 17 Feb 2020 09:34
Last Modified: 17 Feb 2020 09:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item