AZWAR HAKIM, (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 2 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127360037_AZWAR HAKIM__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
AZWAR HAKIM : “Penerapan Pendekatan PAIKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas XI 2 MAN 2 Kota Cirebon)” Hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Cirebon masih belum optimal, yakni dengan nilai rata-rata materi sebelumnya hanya sebesar 7, 15. Meskipun nila rata-rata sudah di atas nilai KKM yang ditentukan yakni dengan nilai KKM sebesar 70, namun nilai tersebut masih minim, masalah seperti ini disebabkan karena keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat atau mengungkapkan gagasannya masih kecil, interaksi dan komunikasi dengan guru selama kegiatan pembelajarajuga masih kecil, kurang bisa bekerjasama dalam kegiatan kelompok dan motivasi belajar mereka juga masih rendah. Melihat permasalahan di atas maka pendekatan PAIKEM diterapkan karena pendekatan PAIKEM adalah pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa yang membuat siswa menjadi aktif, inovatif, kreatif, dan pembelajaranya pun menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengkaji bagaimana proses penerapan pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem regulasi pada manusia di kelas XI IPA 2 MAN 2 Kota Cirebon, mengkaji seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem regulasi pada manusia di kelas XI IPA 2 MAN 2 Kota Cirebon, dan mengkaji bagimana respon siswa terhadap penerapan pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem regulasi pada manusia di kelas XI IPA 2 MAN 2 Kota Cirebon. Berdasarkan proses dan hasil belajar yang diketahui melalui evaluasi maka diketahui banyak permasalahan siswa dalam pembelajaran yang muncul. Oleh karena itu pendekatan PAIKEM digunakan sebagai pendekatan yang diharapkan mampu mengatasi atau menekan berbagai bentuk masalah yang biasa dihadapi siswa dalam proses KBM. Pembelajaran PAIKEM adalah pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa memungkinkan siwa melakukan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan sikap, pemahaman, dan keterampilannya sendiri dalam arti tidak semata-mata “disuapi” guru. Melihat sifat pendekatan PAIKEM maka banyak media, model, strategi dan metode yang bisa digunakan asalkan masih pada konsep dasar yakni student centered approach. Subjek penelitian ini 40 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model dari Kemmis & Taggart, yang menggunakan sistem spiral. Adapun model ini terdiri dari 4 komponen penelitian yang meliputi perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil tes nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 72,7, siklus II 74,5 dan siklus III sebesar 77,62. Respon siswa yang diberikan melalui pernyataan yang terdapat di dalam angket juga semua siswa memberi respon positif. Kesimpulan dari penelitian dengan menerapan Pendekatan PAIKEM pada pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar dan mendapat respon positif dari siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 08:31 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 01:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/335 |
Actions (login required)
View Item |