Model Parenting dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini (Studi di Keluarga Lingkungan Pesantren Al-Ishlah Cirebon – Jawa Barat)

Eti Nurhayati, (2016) Model Parenting dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini (Studi di Keluarga Lingkungan Pesantren Al-Ishlah Cirebon – Jawa Barat). Project Report. IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.

[img]
Preview
Text
HKI Penelitian 2016.pdf

Download (769kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Problematika pada anak-anak sekarang ini semakin meningkat, seperti: anak jalanan dan pengemis, kasus balita merokok, anak cedera disebabkan bermain smackdown, pencabulan, eksploitasi, hingga trafficking. Anak-anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi, computer, atau gadget daripada berkomunikasi dengan orangtua atau bermain yang melibatkan aktivitas fisik. Sementara itu, tuntutan kebutuhan hidup yang makin tinggi, banyak orangtua yang melupakan peran utamanya sebagai pendidik bagi anak-anaknya, lebih sibuk bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tanggung jawab orangtua membentuk karakter anak-anak sering terabaikan, dan orangtua sekarang lebih menekankan agar anak-anak berprestasi secara akademik daripada membina karakternya. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data deskriptif kontekstual tentang: (1) Penanggung jawab utama parenting untuk anak usia dini; (2) Beberapa prasyarat yang harus dimiliki oleh penanggungjawab utama parenting; (3) Beberapa karakter Islami yang penting ditanamkan kepada anak usia dini melalui parenting; (4) Beberapa metode dan strategi yang dapat digunakan dalam parenting untuk membentuk karakter Islami anak usia dini Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan focus group discussion (FGD). Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data secara alamiah yang terjadi di lapangan yang bersifat “saat ini dan di sini” dalam bentuk naratif kualitatif. Teknik observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang penanggungjawab utama parenting yang sudah diterapkan di lapangan, dan teknik FGD untuk mengumpulkan data prasyarat yang harus dimiliki oleh penanggungjawab utama parenting, beberapa karakter yang penting ditanamkan kepada anak usia dini, serta metode dan strategi parenting untuk membentuk karakter Islami anak usia dini. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Diakui penanggungjawab utama parenting adalah orangtua yakni ayah dan ibu, namun dalam kenyataan penanggungjawab utama parenting banyak dihandle oleh si ibu, karena si ayah lebih banyak dituntut sebagai penanggungjawab utama untuk memenuhi nafkah keluarga. Pembagian tanggungjawab tersebut sebagai sesuatu yang lazim, niscaya, sesuai dengan tradisi masyarakat, terwariskan turun secara temurun, kemudian diinternalisasi dan dipraktikkan dalam corak keluarga di masyarakat secara umum. (2) Beberapa prasyarat utama yang harus dimiliki penanggungjawab parenting adalah: pendidikan yang memadai, pemahaman agama yang baik, keshalehan/akhlaq, pengetahuan tentang karakter anak, dan penguasaan metode pendidikan. (3) Beberapa karakter Islami yang penting ditanamkan kepada anak usia dini, mencakup: pendidikan keimanan, pengamalan ibadah, sopan santun/akhlaq mulia, dan belajar al-Qur’an dan do’a-doa harian. (4) Beberapa metode yang dapat digunakan orangtua dalam membentuk karakter Islami anak usia dini, antara lain: keteladanan, pengajaran langsung secara verbal, pujian, bujukan, pembiasaan yang baik, nasihat/teguran, cerita/kisah, nyanyian, dan hafalan. Beberapa strategi pendidikan yang perlu diterapkan dalam membentuk karakter Islami anak usia dini, antara lain: kesabaran dan ketelatenan, menggunakan bahasa yang sederhana, tidak bertele-tele, jelas, konsisten antara ucapan dengan perbuatan, disesuaikan dengan karakter dan usia anak, dilakukan terus menerus, menggunakan metode yang menyenangkan, serta diberikan secara bertahap dan berkesimbungan. Kata Kunci: Anak Usia Dini, parenting, karakter, Islami.

[error in script]
Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Jun 2020 14:36
Last Modified: 10 Aug 2020 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item