Literasi Awal Al-Qur'an untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Reading Aloud

Eti Nurhayati, (2019) Literasi Awal Al-Qur'an untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Reading Aloud. Jurnal Ilmiah AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5 (1). pp. 113-125. ISSN 2528-7427

[img]
Preview
Text
Literasi Awal Al-Qur'an .....pdf

Download (405kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Banyak ragam metode dan teknik pemelajaran al-Qur’an yang telah digunakan dan berkembang luas di Indonesia untuk para pebelajar pemula, termasuk anak usia dini. Berdasarkan studi penulis, ditemukan setidaknya enam belas metode dan sembilan teknik pemelajaran al-Qur’an. Metode-metode tersebut adalah: Baghdadiyah klasik, Baghdadi ala Malaysia, Barqi, Tilawati, Qira’ati, Iqra, Iqra Terpadu, Iqra Klasikal, Lamma, Nahdhiyah, Wafa, Muyassar, Yanbu’a, Ummi, Rubaiyat, dan Ijmali. Tekniknya antara lain: Al-Bana, AlBayan, Sintetik, Bunyi, Meniru, Campuran, Libat, Talqin, dan Specch&Read Aloud (SRA). Setiap metode dan teknik tersebut memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Studi ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan efisiensi teknik Reading aloud digunakan sebagai pengenalan literasi awal al-Qur’an untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif di RA Al-Ishlah Bobos Cirebon. Kesimpulan penelitian: (1) Teknik Reading aloud sangat efektif digunakan dalam pemelajaran literasi awal al-Qur’an untuk anak usia dini, terutama dalam pengucapan huruf hijaiyyah, lafadz, ayat, dan surah al-Qur’an (2) Teknik Reading aloud sangat efisien digunakan dalam pemelajaran literasi awal al-Qur’an ukarena efisien, mudah, murah, simpel, dan fleksibel digunakan oleh guru, dan menyenangkan bagi anak usia dini.

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Jul 2020 17:14
Last Modified: 07 Oct 2020 10:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

View Item View Item