Cara Cepat dan Mudah Belajar Al-Qur'an : Modul untuk PAUD

Eti Nurhayati, and Eli Nurlaeli, (2019) Cara Cepat dan Mudah Belajar Al-Qur'an : Modul untuk PAUD. Peer Review Buku.

[img]
Preview
Text
5. Review Buku Cara Cepat dan Mudah...pdf

Download (235kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Anak usia dini belajar al-Qur’an bisa cepat dan mudah asal tepat metodologinya. Banyak metode pemelajaran al-Qur’an yang sudah dikenal di Indonesia, antara lain: Baghdadi, Lamma, Barqi, Iqra, Uktub, Qira’ati, Tilawati, Iqra Terpadu, Iqra Klasikal, Dirosah, Al-Jabbar, dan lain-lain. Buku ini bermaksud menawarkan sebuah metode alternatif belajar al-Qur’an untuk anak usia dini atau pemula, yang berbeda dengan metode sebelumnya, bahkan berusaha mengelaborasi beberapa kelemahan dari metode yang sudah ada. Metode ini kami sebut dengan metode “Ijmali”. Penulis memiliki motto “Belajar membaca al-Qur’an itu cepat dan mudah”. Disebut “mudah”, karena metode ini mudah diterapkan hanya dengan mengenalkan dua surat al-Qur’an yaitu QS. Al-Fiil, QS. Al-Insyirah, dan dua ayat dari QS al-Adiyat yang sudah merepresentasikan semua huruf hijaiyyah yang terkandung dalam al-Qur’an. Disebut “cepat”, karena hanya dalam waktu 14 kali pertemuan, anak sudah mampu membaca al-Qur’an (dengan seizin Allah --- in sya Allah). Metode Ijmali adalah metode mengajar membaca dengan prinsip Psikologi Gestalt (dari umum ke khusus atau dari global keseluruhan ke rincian), yaitu dengan prinsip: mulai dari bacaan ayat utuh tanpa dieja, kemudian dirinci untuk mengenal per-huruf dengan diberi contoh kalimat yang bertuliskan Arab dan diambil dari bahasa Al-Qur’an yang mengandung huruf-huruf yang sudah dikenalkan.

[error in script]
Item Type: Other
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:57
Last Modified: 12 Oct 2020 09:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item