Eva Purnama Sari, (2012) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMPN 1 PALIMANAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.
|
Text
127360073_EVA PURNAMASARI__ok.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Eva Purnama Sari: Penggunaan Video Animasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Sub Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan di Kelas VII SMPN 1 Palimanan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mempengaruhi kemajuan dan perkembangan di berbagai bidang termasuk pendidikan. Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan berpotensi menciptakan semangat belajar siswa. Hal tersebut dapat terwujud diantaranya melalui penggunaan video animasi dalam pembelajaran. Materi yang dikaji dalam penelitian ini adalah organisasi kehidupan. Berdasarkan hasil analisis konsep, sebagian besar konsep yang terdapat dalam materi ini merupakan konsep abstrak dan memerlukan media untuk memperjelas konsep-konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penguasaan konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan dan yang tidak menggunakan video animasi, 2) perbedaan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan dengan yang tidak menggunakan video animasi, dan 3) sikap siswa terhadap penggunaan video animasi pada pembelajaran sub pokok bahasan organisasi kehidupan di kelas VII SMPN 1 Palimanan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan video animasi dan kelas kontrol yang tidak menggunakan video animasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen dan kontrol, dan angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan video animasi. Teknik analisis data menggunakan uji NGain, statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa : 1) Rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen sebesar 68,27 dengan kriteria sedang, dan rata-rata N-gain siswa kelas kontrol sebesar 38,61 dengan kriteria sedang. 2) Berdasarkan hasil dari uji t (Independent Sample Test) dengan menggunakan asumsi equal variance assumed terlihat bahwa nilai t = 8.123 dengan probabilitas signifikasi 0.000 (2-tailed). Karena Sig. 0.000 < 0.05, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. 3) Persentase rata-rata skor angket pada dimensi perencanaan sebesar 90,48%, dimensi pelaksanaan 82,40 %, dan dimensi evaluasi 85,71 %. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa : 1) Penguasaan konsep siswa kelas eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan yang terlihat dari rata-rata N-gain kedua kelas yang meningkat. 2) Penggunaan video animasi pada pembelajaran sub pokok bahasan organisasi kehidupan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. 3) Sikap siswa terhadap penggunaan video animasi termasuk dalam kategori sangat kuat. Siswa menunjukkan sikap yang sangat positif terhadap penggunaan video animasi dalam pembelajaran. Kata kunci : video animasi, penguasaan konsep, organisasi kehidupan
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 02:23 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/423 |
Actions (login required)
View Item |