SIGNIFIKANSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN HUMANIS

Iwan, (2018) SIGNIFIKANSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN HUMANIS. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2). pp. 133-151. ISSN 2580-6505

[img]
Preview
Text
Ekskul Keagamaan.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan penunjang intra kurikuler untuk mengembangkan minat dalam menumbuh kembangkan pribadi peserta didik yang sehat jasmani dan rohani, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepedulian dan bertanggung jawab melalui berbagai kegiatan positif dibawah kewenangan sekolah. Guru dalam konteks pendidikan humanistik diposisikan sebagai fasilitator bagi peserta didiknya. Peran guru dalam proses pembelajaran bukan lagi sebagai orang yang tahu segalanya tanpa melihat keseragaman potensi dan bakat yang sebenarnya dimiliki oleh peserta didik. Metode yang dianggap sesuai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setelah data terkumpul baik data teoritik maupun empirik, selanjutnya adalah menganalisa data. Dalam menganalisis data dipergunakan analisis kualitatif deskriptif.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ekstra Kurikuler Keagamaan, Lingkungan Pendidikan, Pendidikan Humanis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:07
Last Modified: 23 Feb 2021 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item View Item