Shofa 'Aliyatunni'mah, and Iwan, and Akhmad Affandi, (2020) PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 2 CIREBON. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2). pp. 1-12. ISSN 9-7772407-68000
|
Text
Jurnal Shofa & Iwan-peran kecerdasan emosional....pdf Download (529kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan memotivasi diri orang lain, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik dan dalam hubungannya bersama orang lain. Kecerdasan emosional sebagai salah satu pengendali diri agar terhindar dari perilaku menyimpang. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Cirebon merupakan salah satu sekolah yang berada di lingkungan pesantren yang berbasis keagamaan, nyatanya kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk mengukur perilaku dan sikap sehari-hari siswa di sekolah maupun di pesantren. Upaya untuk meningkatkan emosionalitas dan meminimalisir perilaku menyimpang siswa tidak lepas dari peran guru sebagai figur utama di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan emosional dalam mencegah perilaku menyimpang siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki seseorang maka semakin rendah perilaku menyimpang. Semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin tinggi perilaku menyimpang yang dilakukan di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 03:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 03:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4290 |
Actions (login required)
View Item |