Strategi Pembelajaran Aktif Bahasa Arab

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sertifikat HAKI Buku. Septi Gumiandari (2021) Strategi Pembelajaran Aktif Bahasa Arab. 000241767.

[img]
Preview
Text
HaKI_2021_Strategi Pembelajaran Aktif Bahasa Arab.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab yang selama ini berjalan di berbagai lembaga pendidikan masih seringkali menekankan pada materi pokok dan lebih bersifat memaksakan target bahan ajar. Para pengajar terkondisi untuk sekedar memindahkan isi buku (content transmission), kurang mampu mengapresiasi strategi pembelajaran yang produktif, aktif, kreatif dan menyenangkan, sementara siswa didik kering akan daya partisipasi, karena tak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi diri mereka. Buku yang kini berada di tangan pembaca ini disusun untuk para guru, dosen dan mahasiswa bahasa Arab yang sangat menyadari pentingnya diskursus metodologi dalam pembelajaran bahasa. Buku ini menyimpan berbagai teknik pembelajaran bahasa Arab yang mendudukan peserta didik sebagai subyek yang mendominasi aktifitas pembelajaran, bukan obyek yang pasif menerima asupan materi dari pengajar. Disamping pengayaan strategi yang terdapat dalam buku inipun tidaklah bersifat kaku untuk disosialisasikan dalam mata kuliah lain, namun ia mengalir apa adanya dengan harapan bahwa semua yang menaruh minat terhadap metodologi pembelajaran dalam berbagai disiplin ilmu masih dapat melakukan modifikasi atasnya.

[error in script]
Item Type: Patent
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Mar 2021 07:50
Last Modified: 31 Mar 2021 11:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4363

Actions (login required)

View Item View Item