PERAN ORANG TUA DAN HAMBATANNYA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD) DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) Studi Kasus Di Desa Kalijati Barat Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang

Shabrina, (2021) PERAN ORANG TUA DAN HAMBATANNYA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD) DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) Studi Kasus Di Desa Kalijati Barat Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BAB I_SHABRINA 1708306090 BKI.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR ISI_SHABRINA 1708306090 BKI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_SHABRINA 1708306090 BKI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SHABRINA 1708306090 BKI.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Shabrina: NIM 1708306090, Peran Orang Tua dan Hambatannya dalam Membimbing Belajar Anak Usia Sekolah Dasar (SD) Di masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Studi Kasus Di Desa Kalijati Barat Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. Pentingnya peranan orang tua di masa pandemi Covid-19 dalam mendidik anak tentu sangat berpengaruh besar terhadap proses keberhasilan belajar anak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidaksiapan mental orang tua maupun siswa dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh dari rumah yang terjadi di Desa Kalijati Barat Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menjelaskan gambaran kondisi anak usia sekolah dasar (SD) dalam pembalajaran jauh dari rumah di masa Covid-19, untuk mengetahui peran orang tua dalam menghadapi hambatan didalam proses bimbingan belajar anak usia sekolah dasar (SD) di masa pandemi Covid-19, untuk memahami proses bimbingan belajar yang dilakukan orang tua di masa Covid-19, serta menjelaskan peran orang tua dalam membimbing belajar anak usia sekolah dasar (SD) dimasa pandemi Covid-19 di Desa Kalijati Barat Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melalui pendekatan studi kasus (Case Study). Teknik pengambilan sample yang peneliti gunakan yaitu Snawballing Sampling yang dimana peneliti belum menentukan objek yang akan dijadikan penelitian. Teknik pengumpulan data di lakukan secara deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kondisi anak di masa Covid-19 saat melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah cenderung lebih malas dan tidak bersemangat. Kedua, Peran orang tua dalam menghadapi hambatan didalam proses membimbing belajar Anak Usia Sekolah Dasar (SD) yakni kurang maksimal. Ketiga, Proses bimbingan belajar Anak Usia Sekolah Dasar (SD) yang dilakukan oleh orang tua selama pembelajaran dirumah yaitu mengalami sebuah hambatan. Keempat, Di masa Covid-19 peran orang tua tidak hanya sekedar menjadi orang tua saja tetapi ia dituntut sebagai guru (pendidik) bagi anak-anaknya, fasilitator bagi anak-anaknya, motivator bagi anak-anaknya, serta direction (pengaruh) bagi anak-anaknya. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Membimbing Belajar, Anak Usia Sekolah Dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:44
Last Modified: 26 Aug 2021 00:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item View Item