KHOFIFATUL FUADAH, (2021) Analisis Strategi Promosi Melalui Penerapan Sales Promotion Dalam Perspektif Prinsip Syariah (Studi Kasus Pada Toko Pertanian Tani Berkah Desa Kubangpari Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Pendahuluan Full.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Khofifatul Fuadah 1-32.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Khofifatul Fuadah 97-99.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
DAFPUS Khofifatul Fuadah 100-103.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK KHOFIFATUL FUADAH. NIM: 1708203172, “ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI PENERAPAN SALES PROMOTION DALAM PERSPEKTIF PRINSIP SYARIAH (STUDI KASUS PADA TOKO PERTANIAN TANI BERKAH DESA KUBANGPARI KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES)”, 2021 Pada era modern ini, para pelaku usaha lebih dituntut untuk memiliki daya saing (competitiveness) baik dari segi produk maupun manajemen pemasarannya. Manajemen pemasaran yang baik salah satunya membutuhkan strategi promosi yang tepat, sedangkan promosi yang baik tidak saja harus mempengaruhi calon konsumen, melainkan juga harus sesuai dengan prinsip-prinsip usaha yang baik dan sesuai dengan syariat. Toko pertanian Tani Berkah yang beralamat di Desa Kubangpari, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes dapat dikatakan cukup baik dalam perkembangan usahanya. Mengingat produk yang sama juga dijual di toko lain, keberhasilan usaha di toko pertanian Tani Berkah selain terdapat pada faktor manajemen dan dimungkinkan juga tidak terlepas dari strategi promosi yang dilakukan di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah diantaranya: (1) Bagaimana strategi promosi pada toko pertanian Tani Berkah?, (2) Bagaimana penerapan sales promotion pada toko pertanian Tani Berkah?, (3) Apakah strategi promosi melalui penerapan sales promotion pada toko pertanian Tani Berkah sesuai dengan perspektif prinsip syariah?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh toko pertanian Tani Berkah, mengetahui penerapan teknik-teknik sales promotion, serta mengetahui apakah strategi promosi melalui penerapan sales promotion tersebut sesuai menurut perspektif prinsip syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh melalui hasil kepustakaan. Berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dilakukan pengecekan ulang data dengan menggunakan teknik triangulasi agar data yang diperoleh valid. Setelah itu peneliti melakukan analisis reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh toko pertanian Tani Berkah adalah sales promotion atau promosi penjualan. Penerapan sales promotion dengan 8 teknik yaitu point of purchase (pajangan atau peragaan), coupons (kupon), price of deals (diskon), premium and advertising specialities dengan sistem One Day Promo (ODP), sweeptakes (undian), sampling and trial offers (pemberian contoh produk) dengan sistem FM dan Demplot, frequency/ continuity, dan event sponsorship. Adapun strategi promosi yang dijalankan melalui penerapan sales promotion di toko pertanian Tani Berkah telah sesuai dengan perspektif prinsip syariah karena toko pertanian Tani Berkah berpegang pada prinsip kejujuran atau shiddiq, amanah, fathonah dan tabligh serta berdasarkan pada asaz suka sama suka (an-taradhin). Kata Kunci: Strategi promosi, sales promotion, perspektif prinsip syariah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 04:52 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 04:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5059 |
Actions (login required)
View Item |