KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DI SMK MUHAMMADIYAH BUDI TRESNA WATUBELAH KABUPATEN CIREBON

Jihan Nur Fajriyah, (2021) KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DI SMK MUHAMMADIYAH BUDI TRESNA WATUBELAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover skripsi s.d daftar isi.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jihan Nur Fajriyah. NIM 1708306017. KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DI SMK MUHAMMADIYAH BUDI TRESNA WATUBELAH KABUPATEN CIREBON Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sangat penting dan fungsinya untuk mengembangkan diri dan memperoleh ilmu serta skill atau keterampilan. Banyak siswa memiliki pribadi unik dengan segala karakteristiknya, dengan begitu banyak terdapat perbedaan antara individu satu dengan individu yang lainnya. Oleh karena itu dalam menghadapi masalah-masalah siswa yang beragam pun mereka perlu mendapatkan bantuan untuk memecahkannya seperti layanan khusus misalnya melalui bimbingan dan konseling agar setiap peserta didik/konseli betul-betul mencapai kompetensi perkembangan atau pola perilaku yang diharapkan sehingga akan berimbas pada kepuasan dari layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: pertama, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan karir, kedua, untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial, dan ketiga, untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan layanan bimbingan karir dan layanan bimbingan pribadi-sosial. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis survey. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Budi Tresna Muhammadiyah Watubelah Kab.Cirebon yang berjumlah 263 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sampel yang diambil adalah 20% dari jumlah populasi yang berjumlah 263 siswa yaitu sebanyak 53 siswa. Dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa, pertama, pelaksanaan layanan bimbingan karir masih belum terjadwal karena itu pelaksanaannya tidak menentu, kedua, pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial masih belum terjadwal karena itu pelaksanaannya tidak menentu., ketiga, hasil penelitian pada layanan bimbingan karir berdasarkan hasil instrumen memperoleh nilai sebesar 60,4%, dengan nilai rata-rata 84,21 sedangkan pada layanan bimbingan pribadi-sosial memperoleh nilai sebesar 62,3%, dengan nilai rata-rata 84,87. Dengan demikian bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap pelaksanaan layanan bimbingan karir dan bimbingan pribadi-sosial di SMK Budi Tresna Muhammadiyah Watubelah Kabupaten Cirebon berada pada kategori tidak puas. Kata Kunci : Kepuasan Siswa, Bimbingan Karir, Bimbingan Pribadi-Sosial

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:45
Last Modified: 01 Sep 2021 00:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item