UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Di MTs ASSALAFIYAH SITANGGAL KABUPATEN BREBES

Galuh Maya Ardwiyanti, and Iwan, and Darrotul Jannah, (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Di MTs ASSALAFIYAH SITANGGAL KABUPATEN BREBES. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (2). ISSN 2528-2476

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Kegiatan menghafal Al-Qur’an merupakan sebuah proses mengingat seluruh materi ayat Al-Qur’an yang harus dihafal dan diingat secara sempurna. Sehingga seluruh proses pengingatan terhadap ayat dan bagian-bagiannya dimulai dari proses awal hingga pengingatan kembali harus tepat. Apabila salah dalam memasukkan suatu materi, maka akan salah pula dalam mengingat kembali materi tersebut. Bahkan materi tersebut sulit untuk ditemukan kembali dalam memori atau ingatan manusia. Melancarkan atau menjaga hafalan Al-Qur’an memang lebih sulit daripada menghafal dari nol. Kondisi pandemi covid-19 mengharuskan kegatan pembelajaran dilakukan dari rumah/jarak jauh. Dengan kondisi seperti ini, siswa perlu perhatian khusus agar kemampuan hafalan Al�Qur’an di masa pandemi Covid-19 tetap terjaga. Sekolah melakukan kebijakan dengan melangsungkan kegiatan setoran di rumah guru tahfidz dengan waktu yang sudah ditentukan. Dengan ini siswa tetap memiliki tanggung jawab terhadap hafalannya dan diharapkan supaya tidak lupa dengan ayat atau surat yang sudah dihafalnya.

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Sep 2021 00:12
Last Modified: 17 Sep 2021 00:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item