Khairul Fatihin, and Iwan, and Zahrotus Saidah, (2021) EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON. Project Report. LP2 IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.
|
Text
JURNAL KHAIRUL FATIHIN 1708101130.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang menimbulkan siswa cenderung bosan dan mengantuk. Terlebih lagi proses pembelajaran pada masa pandemi ini yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Ini terjadi misalnya di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Washliyah Kabupaten Cirebon. Dengan alasan itulah dipilihkan satu metode alternatif metode Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode Problem Based Learning di MTs Al�Washliyah Kabupaten Cirebon, selanjutnya untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan juga untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi pada mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah MTs Al-Washliyah Kabupaten Cirebon. Penyusunan menggunakan metode kuantitatif dan dua jenis data, pertama data teoritik yang diperoleh oleh buku yang ada hubungannya dengan masalah skripsi untuk dijadikan rujukan. Kedua yaitu data empirik diperoleh melalui penelitian terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus prosentase, korelasi product moment dan Mean, Median, Modus. Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti adalah : Penerapan metode Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa MTs Al-Washliyah Kabupaten Cirebon, menunjukkan prosentasi penerapan metode Problem Based Learning (variabel X) terhadap hasil belajar (variabel Y) di MTs Al-Washliyah Kabupaten Cirebon adalah sebesar 42,25% dan 57,75% sisanya lagi dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 02:43 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 04:11 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5395 |
Actions (login required)
View Item |