Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengelola Kurikulum Berbasis Pesantren dalam di SMA Islam Al-Islah Boarding School Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu

ABROR SYAFRUDDIN, (2021) Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengelola Kurikulum Berbasis Pesantren dalam di SMA Islam Al-Islah Boarding School Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
00. Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. bab 1 .pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. bab 5 .pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. daftar pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABROR SYAFRUDDIN Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengelola Kurikulum Berbasis Pesantren dalam di SMA Islam Al-Islah Boarding School Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Peningkatan mutu pembelajran di sekolah merupakan salah satu faktor penting yang dianggap perlu untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang terkait. Hal ini berhubungan erat dengan manajemen kurikulum sekolah. Keberhasilan institusi pendidikan dalam melaksanakan kurikulum sekolah secara maksimal perlu didukung dengan sebuah manajemen kepala sekolah yang mampu dalam mengelola kurikulum, mengingat kepala sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya yang dimiliki oleh lembaga. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana kepala sekolah dalam mengelola kurikulum berbasis pesantren di SMA Islam Al-Islah Boarding School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen kepala sekolah serta strategi yang dilakukan dalam upaya mengelola kurikulum sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren dalam meningkatkan kualitas bahasa Arab dan juga mendeskripsikan dampak dari menajemen yang diterapkan kepala sekolah dalam mengelola kurikulum serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kepala sekolah dalam mengelola kurikulum berbasis pesantren yang diterapkan di SMA Islam Al-Islah Boarding School kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Kepala tenaga administrasi sekolah, perwakilan Tenaga pendidik dan Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa kepala sekolah telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang manajer, dalam hal ini mengelola dan mengembangkan kurikulum sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren. Dampak dari pengelolaan yang baik itu terlihat pada prestasi sekolah baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kata kunci : Manajemen, Kepala Sekolah, Kurikulum berbasis pesantren

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Sep 2021 07:46
Last Modified: 21 Sep 2021 08:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5444

Actions (login required)

View Item View Item