AHMAD NASIR, (2021) Implementasi Manajemen Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemic Covid-19 di MAN 1 Cirebon. Bachelor thesis, Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab 1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab 5.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (328kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK AHMAD NASIR: Implementasi Manajemen Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemic Covid-19 di MAN 1 Cirebon. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Wabah Pandemic Covid 19 yang melanda Indonesia telah melumpuhkan seluruh sektor kehidupan termasuk pendidikan. Terkait dengan ini, maka terdapat tuntutan kepada pengelola pendidikan untuk kreatif dan inovatif menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang sedang berubah. Kurikulum sebagai salah satu elemen dari sistem pembelajaran harus mengikuti perkembangan kondisi lingkungan. Penyesuaian manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum adalah suatu keniscayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perencanaan manajemen kurikulum darurat pada masa pandemic Covid-19 di MAN 1 Cirebon, (2) Mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum darurat pada masa pandemic Covid-19 di MAN 1 Cirebon (3) Mengetahui evaluasi manajemen kurikulum darurat pada masa pandemic Covid-19 di MAN 1 Cirebon. Kerangka teori dalam penelitian ini tentang Manajemen kurikulum yang merupakan bagian integral dari Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Lingkup manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, dan pendidik. Tehnik analisis data menggunakan model miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti menggunakan tiga ruang lingkup manajemen sebagai alat analisis implementasi kurikulum. Hasil Penelitian didapatkan bahwa: Pertama, Perencanaan Kurikulum Darurat di MAN 1 Cirebon sudah berjalan dengan bagus, melibatkan unsur unsur yang ada, berkoordinasi dengan wakil kepala lembaga, membuat opsi opsi dalam perencanaan. Namun masih perlu dilakukan peningkatan kopetensi guru terkait IT berupa pelatihan-pelatihan sehingga mendukung terlaksananya KBM dengan baik, tepat sasaran, tidak monoton dalam pembelajaran. Kedua. Pelaksanaan Kurikulum darurat di MAN 1 Cirebon menyajikan proses pembelajaran dari mulai materi, media, strategi dan evaluasi pembelajaran. Ketiga. evaluasi kurikulum darurat di MAN 1 Cirebon melakukan evaluasi dengan cara mengumpulkan data dan mencari solusi permasalahan. Kata Kunci : Kurikulum, Kurikulum Darurat, Pandemic Covid-19
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5479 |
Actions (login required)
View Item |