Analisis Kesalahan Ejaan pada Berita Pendidikan dalam Koran Online Sinar Pagi Edisi Januari 2021 dan Pemanfaatannya sebagai Modul Pembelajaran Menulis Teks Berita di SMP Kelas VIII.

Lena Nurohmah, (2021) Analisis Kesalahan Ejaan pada Berita Pendidikan dalam Koran Online Sinar Pagi Edisi Januari 2021 dan Pemanfaatannya sebagai Modul Pembelajaran Menulis Teks Berita di SMP Kelas VIII. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan ejaan yang terdapat pada berita pendidikan dalam koran online Sinar Pagi edisi Januari 2021. Surat kabar Sinar Pagi merupakan surat kabar yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai kejadian atau peristiwa terhangat yang dapat dibuka di internet. Penelitian ini diawali dengan ditemukannya kesalahan ejaan pada berita yang terbit pada tanggal 30 Januari 2021, misalnya dalam penulisan kata zoom meeting yang tidak dicetak miring. Padahal, kata zoom meeting merupakan unsur bahasa asing yang penulisannya harus dicetak miring. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Menurt Bagdon dan Taylor, metode kualitatif merupakan salah satu langkah penelitian untuk menghasilkan data dalam bentuk kata-kata lisan atau tulisan yang bersumber dari orang-orang dan tingkah laku orang yang diamati. Tempat penelitian disesuaikan dengan keberadaan peneliti, karena sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen online yang bisa dibuka di internet. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan metode menyimak dengan teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat, instrumennya adalah kartu data. Teknik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik lanjutannya yaitu teknik sisip, teknik ganti, dan teknik lesap. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital, penulisan bercetak miring, penulisan huruf tebal, penulisan kata depan, penulisan kata baku, penulisan singkatan dan akronim, penulisan kata berimbuhan, penulisan gabungan kata, penulisan partikel, penulisan angka dan bilangan, dan kesalahan penggunaan kata hubung di awal kalimat. Selain kesalahan penulisan kata, terdapat juga kesalahan penggunaan tanda baca yang meliputi kesalahan tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, garis miring, tanda tanya, tanda apostrof, dan penggunaan spasi. Hasil penelitian akan digunakan sebagai modul pembelajaran Menulis Teks Berita di SMP kelas VIII

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:11
Last Modified: 24 Sep 2021 09:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item