Analisis Isi Nilai Edukatif Pada Novel Jilbab Pertamaku Karya Asma Nadia dan Pemanfaatanya Dalam Pembelajaran Sastra Pada Kelas XI di SMK

Santi Virdiasari, (2021) Analisis Isi Nilai Edukatif Pada Novel Jilbab Pertamaku Karya Asma Nadia dan Pemanfaatanya Dalam Pembelajaran Sastra Pada Kelas XI di SMK. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SANTI VIRDIASARI_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis nilai edukatif dalam novel Jilbab Pertamaku, serta pemanfaatanya dalam pembelajaran sastra pada kelas XI di SMK. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai edukatif apa saja yang terkandung di dalam novel Jilbab Pertamaku Karya Asma Nadia, yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sastra pada kelas XI di SMK melalui novel Jilbab Pertamaku. Pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif naratif, dengan pendekatan kualitatif analisis isi sebagai subjek penelitian ini adalah novel Jilbab Pertamaku Karya Asma Nadia. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai edukatif yang terkandung di dalam novel Jilbab Pertamaku. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan baca dan catat sedangkan instrumen menggunakan kartu data. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas menggunakan triangulasi sumber dan intraratter. Validitas Triangulasi sumber disini yaitu data diperoleh dari sumber data tersebut. Sedangkan reliabilitas secara intraratter yaitu membaca berulang-ulang kali dengan kemampuan sendiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai edukatif yang terkandung dalam novel Jilbab Pertamaku Karya Asma Nadia mencakup nilai religius, ketangguhan, kepedulian, dan kejujuran. Dari ke empat nilai edukatif tersebut dapat digunakan sebagai pembelajaran sastra pada kelas XI di SMK karena bahasa yang ada dalam novel ini mudah untuk dipahami, dapat dijadikan pembelajaran untuk menerapkan nilai edukatif, merupakan sebuah bacaan yang memiliki nilai moral yang baik bagi peserta didik

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:44
Last Modified: 28 Sep 2021 06:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5549

Actions (login required)

View Item View Item